Bersilaturahmi dengan Masyarakat, KKB Gelar Buka Puasa Bersama

UNTUK mengambil keberkahan di bulan suci Ramadhan, Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Pusat menggelar buka puasa bersama dengan jajaran pengurus KKB dan masyarakat yang digelar di Musholla Al Kautsar, Jalan belitung Darat Banjarmasin Barat, kamis (16/5/2019) petang.

PADA acara buka puasa bersama dan silaturahmi KKB diawali dengan tausyiah agama yang disampaikan ustadz Ilham Masykuri Hamdi.  Dalam tausiahnnya, ia mengungkapkan puasa sesungguhnya adalah sebuah ibadah di dalam Islam yang justru hendak menumbuhkan karakter kepribadian mulia dalam diri pelakunya.  Puasa adalah pendidikan kesabaran.

BACA: KKB Gelar Penyelenggaraan Pengurusan Jenazah

“Menurut Imam Al Ghazali membagi puasa kedalam tiga tingkatan puasa umum, puasa khusus, dan puasa paling khusus. Yang dimaksud puasa umum ialah menahan perut dan kemaluan dari memenuhi kebutuhan syahwat,” ucap sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalimantan Selatan.

Sedangkan puasa khusus, lanjutnya ialah menahan telinga, pendengaran, lidah, tangan, kaki, dan seluruh anggota tubuh dari dosa.  “Sementara puasa paling khusus adalah menahan hati agar tidak mendekati kehinaan, memikirkan dunia, dan memikirkan selain Allah SWT. Untuk puasa yang ketiga ini (shaumu khususil khusus) disebut batal bila terlintar dalam hati pikiran selain Allah SWT dan hari akhir,” ungkap dia.

Mantan aktivis HMI ini mengatakan selama ramadhan seyogyanya umat islam semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah seperti tadarrus Al Qur’an, sholat malam, istighfar dan dzikir serta peribadatan lainnya.

BACA JUGA: Mayoritas Bermukim di DAS Barito, KKB Siap Berikan Pemikiran Terbaik

Sementara itu, Ketua umum KKB, Yuni Abdi Nur Sulaiman mengungkapkan kegembiraan bisa berbuka puasa bersama dan bersilaturahmi dengan warga KKB dan masyarakat Banjarmasin Barat.

“Alhamdulillah, bisa berkumpul dan bertatap muka dengan pengurus dan anggota KKB di bulan yang penuh berkah ini. Semoga, kebersamaan seperti ini akan tetap terjaga dimasa-masa yang akan datang,’’ ujar dia.

Ia mengatakan KKB ingin terus berbuat banyak dan memberi manfaat bagi masyarakat dan daerah, dimana KKB berada, akan terus bergerak terutama dibidang sosial, ekonomi dan kemasyarakatan.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza