Selama Ramadhan, Bisnis Katering di Banjarmasin Makin Mencerahkan

PROSPEK bisnis katering rumahan mencerahkan. Apalagi saat memasuki bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah seperti sekarang, permintaan untuk buka puasa maupun acara lainnya naik 30 hingga 40 persen dibandingkan bulan-bulan sebelumnya di Banjarmasin.

PEBISNIS katering yang kesohor di Banjarmasin seperti Pawakha Katering milik Gusti Rusdi Effendi, mulai kebanjiran orderan selama bulan Ramadhan ini. Bisnis yang berbasis di Jalan Jafri Zamzam, Komplek PWI, Banjarmasin menyediakan aneka makanan Banjar dan Nusantara maupun modern dengan berbagai paket pesanan.

“Ya, selama bulan Ramadhan ini, permintaan katering sangat tinggi. Dalam seminggu ini, paling tidak ada lima tempat yang harus dilayani. Di luar bulan puasa, hanya satu  kali dalam seminggu,” ucap Wahyu, karyawan Pawakha Katering kepada jejakrekam.com, Selasa (14/5/2019).

BACA : KNPI Kalsel : Ada Mafia di Distribusi LPG dan BBM

Menurut dia, dalam sehari bisa disuguhkan 200 hingga 300 porsi dengan aneka makanan lengkap, seperti ayam, daging sapi dan kambing, udang dan ikan serta pencuci mulut es buah dan lainnya.

Karyawan Pasadena Katering, Wati pun mengatakan permintaan katering selama Ramadhan ini sangat meningkat dratis. Hampir tiap hari, Pasadena menyediakan sekitar 150-200 piring lengkap dengan menu yang diminta pelanggan.

“Kebanyakan yang memesan itu dari beberapa perusahaan swasta maupun milik negara, perkantoran dan masyarakat umum yang ada di Banjarmasin,” ucap Wati.

BACA JUGA : Sempat Tembus Rp 60 Ribu, Kini Harga Bawang Putih Berangsur Turun

Menurut dia, dalam bisnis makanan itu terpenting adalah menjaga rasa yang enak, pasti akan laris manis. Walau kini harga bahan pokok merangkak naik, Wati mengatakan pihaknya menyiasati dengan meminta pelanggan memesan makanan dalam jumlah banyak.

“Ya, minimal 100 piring. Sedangkan untuk perusahaan atau korporasi, minimal 300 piring. Dengan begitu, harga bahan baku yang mahal, bisa tertutupi dengan pesanan yang banyak,” kata Wati.

Ia mengakui selama Ramadhan ini, Pasadena bisa meraih keuntungan hingga 50 persen dari harga jual, karena banyak pesanan untuk buka puasa baik di rumah maupun di kantor.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS