ACT

Dishut Kalsel Temukan Aktivitas Tambang di KPH Tabalong

0 236

OPERASI Pengamanan Kehutanan (Pamhut) berhasil tangkap tangan praktik penambangan tanpa izin di sekitar wilayah Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Tabalong. Polisi Kehutanan (Polhut) mengamankan barang bukti berupa generator listrik dan mesin pompa kecil, yang diduga kuat untuk proses penambangan. Tim juga menemukan batubara hasil tambang. 

TIM juga berhasil mendeteksi  tumpukan batubara dan lubang  tambang. Namun tidak ditemukan alat berat, dan diduga kuat sudah dikeluarkan satu hari sebelum kedatangan tim. Tim merobohkan pondok-pondok.

Tim menduga informasi operasi ini telah bocor, sehingga penambang ilegal melarikan diri. Tim melakukan penelusuran ke daerah Panaan, dan ditemukan adanya aktivitas penambangan di dalam kawasan hutan produksi. Di kawasan ini, tim menemukan alat berat.

Kepala Seksi Pengamanan Hutan Dinas Kehutanan Kalsel Hariyadi mengatakan, pihaknya sangat serius untuk melindungi kawasan hutan dari berbagai pelanggaran hukum yang dapat menyebabkan kerusakan.

“Dengan adanya tindakan operasi ini, diharapkan dapat memberikan efek jera kepada pihak yang ingin berniat merusak hutan,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.