BI Kalsel Siapkan Rp 3,5 Triliun Uang Pecahan Baru

0

KANTOR Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Kalimantan Selatan menyiapkan dana sebesar Rp 3,5 triliun untuk penukaran Uang Pecahan Besar (UPB) dan Uang Pecahan Kecil (UPK) di saat masuki bulan suci Ramadhan dan menjelang peringatan Hari Raya Besar Keagamaan (HRBK) Idul Fitri 1440 H.

TAHUN 2019 ini, BI bekerjasama dengan 33 bank koordinator, penukaran uang pecahan baru bisa langsung dilakukan ke bank umum tanpa harus mendatangi kantor Bank Indonesia.

“Karena Bank Indonesia saat ini tidak melayani penukaran uang baru, namun hanya melayani penukaran uang lusuh, cacat, dan rusak,” ujar Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah pada KPw Bank Indonesia Kalimantan Selatan Purwanto, Kamis (16/5/2019).

BACA : Ramadhan, Peredaran Uang Palsu Makin Marak

Dana yang disiapkan sebesar Rp 3,5 triliun ini, mengalami peningkatan 10 persen guna memberikan jaminan kepada masyarakat akan ketersediaan uang pecahan siap edar, sehingga diharapkan tidak menukarkan uang pecahan melalui calo atau perantara lainnya.

“Hal ini untuk menghindari risiko, seperti tidak ada jaminan ketepatan jumlah uang yang ditukar dan menghindari kemungkinan menerima uang palsu apalagi adanya pungutan biaya, karena kalau masyarakat melakukan penukaran di bank tanpa ada pungutan atau gratis,” jelas Purwanto.

Pihaknya bersama dan bank umum juga menyiapkan kas keliling yang akan mendatangi beberapa lokasi strategis di Kalimantan Selatan, dimulai 20 Mei 2019 hingga 31 Mei 2019. “Kas keliling akan menyambangi masyarakat, seperti di Taman Kamboja Banjarmasin, Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Balaikota Banjarmasin dan Banjarbaru, serta beberapa lokasi strategis lainnya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.