Sempat Tembus Rp 60 Ribu, Kini Harga Bawang Putih Berangsur Turun

HARGA bawang putih yang sempat melonjak hingga Rp 60 ribu di tingkat eceran, kini berangsur-angsur turun di sejumlah pasar tradisional di Banjarmasin, Rabu (15/5/2019). Turunnya harga ini karena pasokan bahan bumbu masak itu mulai didatangkan dari berbagai daerah dan impor dari negara lain.

PEDAGANG bawang putih di Pasar Harum Manis, Arman mengakui beberapa hari saat awal Ramadhan, harga bawang putih sempat menembus angka Rp 60 ribu per kilogram.

“Kenaikan harga memang sangat melonjak, dibandingkan sebelum datangnya bulan Ramadhan. Namun, sekarang, harga bawang putih mulai berangsur turun dan normal kembali. Sekarang, harganya sudah Rp 35 ribu per kilogram. Berarti, ada penurunan harga sekitar Rp 25 ribu,” tutur Arman kepada jejakrekam.com di Pasar Harum Manis, Rabu (15/5/2019).

BACA : Bulan Puasa, Harga Bawang Putih Melonjak Hingga Rp 60 Ribu Per Kg

Sebaliknya, menurut Arman, harga bawang merah dalam sepekan lalu hanya Rp 30 ribu, kini naik menjadi Rp 35 ribu per kilogram atau naik Rp 5 ribu. Dia menyebut penurunan harga bawang putih ini karena pasokannya mulai melimpah, seiring didatangkan bawang putih impor dari para agen ke pasar-pasar tradisional.

BACA JUGA : Harga Bawang Merangkak Naik Sudah Tembus Rp 40 Ribu per Kilogram

Hal serupa juga dirasakan Ramlah. Pedagang bumbu masak di Pasar Sentra Antasari  Banjarmasin ini mengakui harga bawang putih sempat menembus Rp 60 ribu per kilogram.

“Alhamdulilah, dalam dua hari ini sudah turun jadi Rp 35 ribu per kilogram. Dengan turunnya harga ini, permintaan dari pembeli juga meningkat, karena sebelumnya banyak yang menahan diri untuk membeli dalam jumlah besar,” kata Ramlah.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS