Ketua DPRD Kalsel Optimistis Batulicin Kandidat Kuat Ibukota Negara

OPTIMISME Kalimantan Selatan, khususnya Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu bakal jadi calon ibukota negara menggantikan Jakarta, disuarakan Ketua DPRD Kalsel  Burhanuddin. Dengan posisi Batulicin yang sangat strategis karena memiliki pelabuhan laut dan bandara serta ketersediaan lahan akan jadi pertimbangan pemerintah pusat.

INI ditambah lagi ada permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menyediakan lahan lokasi pusat pemerintahan negara kelak.

“Pada tahun lalu, Presiden Jokowi sendiri yang meminta Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk menyediakan lahan. Saat ini, lahan sudah tersedia, tinggal kapan pemerintah pusat menggunakannya. Makanya, kami optimistis Kalsel yang akan dipilih,” ucap Ketua DPRD Kalsel Burhanuddin kepada wartawan di Banjarmasin, Senin (14/5/2019).

BACA : Secara Geografis, Tanah Bumbu Layak Jadi Pusat Pemerintahan

Ia menegaskan tanpa mengesampingkan daerah lain yang masuk daftar calon ibukota negara, lokasi paling tepat tetap berada di Batulicin, ibukota Kabupaten Tanah Bumbu.

“Jelas, dibandingkan Provinsi Kalteng dan Kaltim, Batulicin jauh lebih representatif. Untuk itu, semua komponen masyarakat Kalsel harus kompak mendukung agar Batulicin dipilih pemerintah pusat, sehingga pusat pemerintahan bisa dipindah ke Kalsel,” tutur mantan Ketua DPRD Tanah Bumbu ini.

Menurut Burhanuddin, secara geografis, letak Tanah Bumbu khususnya Batulicin berada di episentrum Indonesia serta bebas dari potensi bencana alam.“Ini ditopang infrastruktur yang ada seperti pelabuhan, bandara dan jalan bebas hambatan sepanjang 150 kilometer antara Batulicin-Banjarbaru hingga menuju Banjarmasin,” bebernya.

BACA JUGA : Dilantik Gubernur Kalsel, Ready Kambo Resmi Wabup Tanah Bumbu

Dia mengingatkan sewaktu Presiden Jokowi berkunjung ke Batulicin dalam ritual tahunan Mapenretasi, dengan berpakaian adat Banjar, permintaan khusus dari orang nomor satu di republik ini disampaikan ke Gubernur Sahbirin Noor.

“Permintaan itu disanggupi Paman Birin (Gubernur Kalsel Sahbirin Noor. Bahkan, pada 2018 lalu, empat kepala daerah pernah dipanggil mempresentasikan keunggulan daerah masing-masing sebagai calon ibukota di Jakarta,” papar Burhanuddin.

Legislator Partai Golkar ini mengungkapkan ada dua daerah yang telah disiapkan selain Tanah Bumbu, yakni Kabupaten Tanah Laut. “Ini bentuk keseriusan Kalsel dalam menyikapi permintaan Presiden Jokowi,” tegasnya.

BACA LAGI : Unjuk Keunggulan Kalsel, Paman Birin Presentasi Calon Ibukota di Depan Kepala Bappenas

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalsel Nurul Fajar Desira masih menutup rapat soal lokasi lahan calon ibukota baru.

Namun, dari bocoran tersiar jika Kalsel tengah menyiapkan lahan seluas 600 ribu hektare untuk pusat pemerintahan baru itu.Bocoran tersebut diperkuat setelah Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bertemu dengan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro di Jakarta, belum lama tadi.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS