20 Desember 2019, Kalsel Menjadi Tuan Rumah HKSN

GUBERNUR Kalsel H Sahbirin Noor menaruh harapan besar, setiap event nasional yang digelar di Banua harus memberikan keuntungan bagi rakyat .

HAL tersebut disampaikan Gubernur H Sahbirin Noor saat menerima kunjungan Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial (Kemensos) RI, Pepen Nazaruddin, di kediaman dinas, Jalan Suprapto Banjarmasin, Selasa (14/5/2019) malam.

BACA: Sahur Bersama, Gubernur Ajak Warga Jaga Kerukunan Umat Beragama

Kedatangan pejabat Kemensos itu untuk bersilaturahmi sekaligus melaporkan persiapan Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) yang akan diselenggarakan di Kalsel pada 20 Desember 2019 nanti.

Paman Birin, sapaan akrabnya, menuturkan, Kalimantan Selatan, saat ini terus melakukan langkah-langkah strategis meningkatkan kesejahteraan rakyat. Di antara langkah itu adalah memacu pertumbuhan ekonomi kerakyatan dengan cara mendorong sektor-sektor riil, seperti usaha kecil menengah atau kerajinan rakyat.

“Kita berharap dengan digelarnya event-event tersebut maka akan banyak tamu yang datang dan membelanjakan uang mereka untuk wisata, menikmati kuliner atau membeli cinderamata. Begitu pula tingkat hunian seperti hotel dan penginapan juga akan meningkat,” jelasnya.

BACA JUGA: Terkumpul Rp 358 Juta, Pemprov Kalsel Dukung Konser Kemanusiaan ACT

Multi efek positif lain,  lanjut Paman Birin,  diharapkan tingkat kemiskinan di Kalsel juga diharapkan terus berkurang. Paman Birin juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintan atas kepercayaan memilih Kalsel sebagai tuan rumah event nasional.

Diutarakan, kepercayaan pemerintah tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi pemerintah daerah dan masyarakat  untuk melaksanakan event  itu dengan sebaik- baiknya.

Sementara Dirjen Pemberdayaan Sosial Pepen Nazaruddin menjelaskan pada Peringatan HKSN 2019 sejumlah kegiatan akan digelar, yakni bakti sosial pengobatan gratis, donor darah, paket sembako, kaca mata baca.

“Kegiatan lainnya adalah penyaluran program CSR di sejumlah permukiman warga di beberapa kabupaten serta beragam kegiatan lain,” terangnya.

Nazaruddin menambahkan, kegiatan tersebut digelar sebelum puncak Hari Kesetiakawanan Sosial. Intinya, event ini untuk merekatkan kepedulian sesama.(jejakrekam)

Penulis Bambang Dedy (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza