Telkomsel Bentuk TMI, Kembangkan Berbagai Bisnis Baru

TELKOMSEL kini memulai aksi di bidang strategic investments menyentuh perkembangan ekosistem teknologi Indonesia pada sektor teknologi, media dan telekomunikasi.

AGAR mendorong perusahaannya bisa bertansformasi menjadi perusahaan telekomunikasi digital, Telkomsel kembali melakukan terobosan dengan membentuk anak perusahaan baru bernama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

TMI bertugas melakukan aktivitas investasi serta proses sinergi dan kolaborasi di berbagai unit bisnis Telkomsel untuk mendorong aspek transformasi digital perusahaan dalam rangka mengakselerasi pengembangan berbagai layanan baru, meningkatkan pengalaman pelanggan dan optimalisasi proses bisnis perusahaan.

BACA: Telkomsel Bagikan 24 Ton Kurma bagi Masjid di Indonesia, Sabilal Muhtadin Salah Satunya

Menurut Direktur Utama Telkomsel Ririek Ardiansyah, TMI juga ditargetkan dapat berinvestasi pada perusahaan baru yang menjanjikan dan memiliki potensi bekerjasama secara sinergis dalam mengakselerasi pertumbuhan perusahaan tersebut dengan memanfaatkan akses pada ekosistem, aset dan kompetensi yang dimiliki Telkomsel.

“Kami optimis TMI dapat berperan sebagai sarana Telkomsel untuk mengakses berbagai peluang baru yang menarik di sektor teknologi,” ucapnya kepada insan pers, Selasa (14/05/2019).

Berkolaborasi dengan startup bukanlah hal yang baru bagi Telkomsel. Sejak 2015 lebih dari 5.000 startup dari 20 kota di Indonesia telah mendapatkan akses kepada sumber daya Telkomsel melalui program The NextDev. Pada tahun 2018 Telkomsel juga meluncurkan program inkubasi untuk internet of things (IoT) bernama Telkomsel Innovation Center (TINC) yang bertujuan untuk  membantu mereka mengeksekusi strategi go-to-market dan meningkatkan kapabilitas teknis produk mereka.

“Melalui TMI nantinya kami berharap kolaborasi yang kami lakukan bisa makin meningkat kedepannya. Dengan demikian misi kami untuk ikut berperan serta dalam mengakselerasi kemajuan negeri melalui ekosistem digital di Indonesia dapat diwujudkan,” tambahnya.

BACA JUGA: 11 Band Indie Meriahkan Festival Langit Musik Telkomsel

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) TMI Andi Kristianto mengatakan, nantinya TMI akan bekerja sama dengan startup dalam membangun rencana strategis dan eksekusi operasional untuk memaksimalkan nilai jangka panjang.

Pihaknya pun berjanji melalui TMI akan selalu mencari cara untuk memanfaatkan aset Telkomsel dan memposisikannya untuk bisa dikembangkan dengan cara yang berbeda.

“Akan banyak market insights yang dapat diberikan TMI nantinya bagi Telkomsel dari perspektif enterprise dan consumer di Indonesia. Selain itu TMI juga berkomitmen kami membantu Telkomsel meningkatkan corporate awareness dalam ekosistem bisnis digital,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza