Kepala Dinkes Banjarmasin Target 100 Hari Kebut Operasional RS Sultan Suriansyah

KEPALA Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin Dr Machli Riyadi memastikan dalam tempo 100 hari ke depan, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan lebih baik lagi di bawah kepemimpinannya.

USAI dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin yang lowong sejak pertengahan September 2018, Machli Riyadi menegaskan akan fokus untuk operasional RSUD Sultan Suriansyah sesuai harapan Walikota Ibnu Sina dan Wakil Walikota Hermansyah pada 24 September 2019 nanti.

“Kami targetkan pada 24 September nanti, RS Sultan Suriansyah sudah bisa beroperasi karena telah ditunggu masyarakat. Tentunya, perlu menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang sudah siap pakai, sehingga memberi pelayanan sesuai standar mutu dan attitude. Sementara, persiapan kedua adalah alat-alat kedokterannya,” ujar mantan Wakil Direktur Administrasi dan Hukum RSJD Sambang Lihum ini.

BACA : Walikota Ibnu Sina Lantik Tiga Kepala Dinas dan Direktur RS Sultan Suriansyah

Ia mengatakan tidak mungkin dalam pelayanan kesehatan, tanpa didukung sarana prasarananya, seperti saat ini pembangunan tahap ketiga lelang RSUD Sultan Suriansyah yang sedang berproses.

“Kami, kami berusaha semaksimal mungkin dan optimistis pada 24 September 2019 bisa dioperasional, karena saat ini sedang berlangsung pembangunannya tinggal pengadaan dan juga perlu menyiapkan regulasi lainnya,” pungkas Machli.

BACA JUGA : Operasional Alkes RS Sultan Suriansyah Dikerjasamakan dengan Puskesmas

Senada itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina usai melantik tiga kepala dinas dan Direktur RSUD Sultan Suriansyah yang merupakan hasil lelang jabatan, bisa mempercepat operasional rumah sakit bertipe C di Jalan Rantauan Darat pada saat peringatan Harjad Kota Banjarmasin ke-493, tepatnya 24 September 2019.

“Ini harapan warga dan pemkot agar bisa terwujud, sehingga pelayanan dasar rumah sakit yang dicita-citakan ini bisa terlaksana,” ujarnya.

Mantan anggota DPRD Kalsel ini menyebut usai pelantikan, mereka akan menyusun posisi jabatan struktural sekaligus persiapan untuk operasional. Misalnya, melengkapi alat-alat kesehatan, lelang-lelang untuk fasilitas 23 poliklinik dan alat kesehatan yang segera harus dilelangkan. “Ini tidak hanya di Dinas Kesehatan, tetapi semua bisa dipercepat oleh manajemen baru di RSUD Sultan Suriansyah,” ujarnya.

BACA LAGI : 129 CPNS Isi Formasi Guru, 130 Tenaga Medis RS Sultan Suriansyah Diangkat

Lantas, mengapa memilih dr Sukotjo Hartanto? Ibnu Sina menilai lantaran paling senior dan memiliki waktu panjang dalam mempersiapkan RSUD Sultan Suriansyah.

“Dr Sukotjo ini kan telah berpengalaman di RSUD Idaman Banjarbaru dan spesialis THT. Kalau THT pasiennya sedikit dan beliau komitmen mewujudkan RSUD Sultan Suriansyah,” katanya.

Ibnu Sina memastikan segera melengkapi alat kesehatan dan lelang untuk pembangunan Gedung III RS Sultan Suriansyah. Bahkan, Wakil Walikota Hermansyah berpesan, jika sudah lengkap semua bisa dioperasikan sebelum peringatan hari jadi kota.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS