Jelang Mudik Lebaran, Harga Tiket Kapal Laut Dipastikan Naik

LONJAKAN penumpang kapal laut terjadi sejak awal Ramadhan 1440 Hijriyah. Jika sebelumnya hanya berkisar 100 penumpang, kini naik 300 persen untuk rute pelayaran Pelabuhan  Trisakti Banjarmasin menuju Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

“SEJAK awal Ramadhan, terjadi kenaikan jumlah penumpang. Yang biasanya, hanya 100 orang mencapai 300 orang lebih,” ucap Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama Banjarmasin, Anton Wahyudi kepada awak media di Banjarmasin, Senin (13/5/2019).

Ia menduga lonjakan penumpang kapal laut ini imbas dari mahalnya tiket pesawat ke berbagai kota besar di Indonesia dari Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru. Menurut Anton, lonjakan penumpang kapal laut ini diperkirakan akan terus naik, hingga arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

“Selama ini, kami mengoperasikan dua kapal ferry roro yang melayani rute Banjarmasin-Surabaya. Nantinya untuk mengatasi lonjakan penumpang, kami akan tambah armada cadangan,” tuturnya.

BACA : Menjadi Buah Tangan Para Pemudik, Penjualan Amplang dan Dodol Kandangan Melejit

Ia mengungkapkan seperti KM Kumala dengan kapasitas angkut 1.100 penumpang ditambah 90 kendaraan termasuk truk untuk cadangan. Sedangkan, saat ini beroperasi dua kapal yakni KM Dharma Kartika 9 berkapasitas 1.700 penumpang dan  300 kendaraan bermotor dan KMKirana 9 berkapasitas 1.300 penumpang dan 150 kendaraan bermotor.

Anton memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada arus mudik pada H-15 lebaran, berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya. Ia mengakui tahun ini bakal terjadi kenaikan harga tiket kapal laut. Pada tahap pertama, harga tiket sama normal berkisar Rp 280 ribu  untuk penumpang dewasa.

“Nanti, memasuki tahap kedua, sejak 17 Mei atau H-19, tiket kapal bisa menembus Rp 368 ribu untuk penumpang dewasa. Sedangkan, tahap ketiga mulai H-10 atau 26 Mei hingga hari H lebaran, harganya bisa Rp 440 ribu per penumpang,” tuturnya.

Anton pun mengingatkan agar para calon penumpang bisa membeli tiket secara online, agar tidak terjadi penumpukan di pelabuhan. “Bagi pengguna ponsel pintar bisa mendownload gratis di playstore untu penjualan tiket kapal. Ini untuk mempermudah calon penumpang agar tak antre di pelabuhan,” beber Anton.

BACA JUGA : Tiket Pesawat Mahal, Ini Surat Terbuka Warga Banjarmasin untuk Presiden Jokowi

Dengan begitu, Anton menjamin para penumpang yang ingin mudik lebaran juga tidak akan dimanfaatkan para calo. Ketika mendekati jadwal keberangkatan kapal, bisa merapat ke pelabuhan.

“Selama musim mudik lebaran, kebiasaan para penumpang mendatangi pelabuhan. Makanya, terjadi antrean panjang untuk beli tiket di loket atau kantor cabang,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Faisal
Editor DidI GS