Peraih Nilai Terbaik UN SMA dan SMK Masih Didominasi Siswa Sekolah Negeri

SISWA peraih nilai tertinggi ujian nasional (UN) untuk SMA dan SMK masih didominasi sekolah negeri. Misalnya untuk SMK, dalam 10 besar peringkat terbaik, delapan diraih sekolah negeri, hanya dua dari sekolah swasta. Untuk SMA, sembilan dari sekolah negeri, satu dari sekolah swasta.

UNTUK SMK, sekolah asal Banjarmasin, menempat beberapa siswanya dalam 10 besar peraih nilai terbaik UN, yakni tiga siswa, yakni dari SMKN 1 dua siswanya di peringkat satu dan empat, dan siswa SMKN 3 di peringkat ketiga.

Banjarbaru berhasil menempatkan dua siswa asal SMK Telkom yang berhasi di posisi kedua dan kedelapan, serta siswa asal SMKN 2 Banjarbaru di peringkat ketujuh. SMK asal Tanah Bumbu menempatkan siswanya asal SMKN 2 Simpang Empat di urutan kelima, Tanah Laut menempatkan dua siswanya di sepuluh besar, yakni di urutan keenam dan kesepuluh, yang keduanya berasal dari SMKN 1 Pelaihari, serta Hulu Sungai Selatan menempatkan satu siswa asal SMKN 2 Kandangan di urutan kedelapan.

Untuk sepuluh besar SMA se-Kalsel, Banjarmasin menempatkan siswanya sebanyak tiga siswa, yakni dari SMAN 1 Banjarmasin sebanyak dua siswa di peringkat ketujuh dan kedelapan, dan satu siswa dari SMA Kristen Kanaan berada di peringkat 10.

Banjarbaru menempatkan tiga siswanya, yakni dua siswa dari SMAN 1 Banjarbaru di peringkat tiga dan lima, dan satu siswa dari SMAN 3 Banjarbaru yang berada di urutan keenam. Kabupaten Banjar menempat tiga siswanya di sepuluh besar, semuanya dari SMA Banua, di urutan pertama, kedua, dan keempat, HSS menempatkan satu siswa dari SMAN 1 Kandangan di urutan kesembilan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalsel HM Yusuf Effendy mengatakan, selain pribadi siswa, prestasi yang diraih tidak lepas dari fasilitas dan tenaga pendidik dari sekolah yang bersangkutan. “Selama ini prestasi akademik masih didominasi siswa sekolah negeri, khususnya yang berada di daerah perkotaan,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani