Kapolda Mengajak Tokoh Dayak Jaga Kamtibmas Pasca Pemilu  

GUNA mempererat hubungan, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Drs Yazid Fanani menggelar kegiatan silaturahmi bersama dengan Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Balangan.  

SILATURAHMI  tersebut untuk menyatukan persepsi sebagai sesama anak bangsa sekaligus wujud komitmen menghormati dan menghargai kearifan lokal masyarakat Dayak, termasuk masalah hukum adat.

Kapolda mempersilakan jika persoalan diselesaikan secara hukum adat dan tidak dibebankan ke polisi sehingga daftar kriminal menjadi rendah. “Untuk itu, kami akan memaksimalkan forum kemitraan polisi masyarakat sehingga ada sinergisitas antara aparat keamanan khususnya polisi dengan masyarakat,” kata Yazid Fanani.

BACA: Jangan Terkotak-Kotak Pasca Pemilu, Polda Kalsel Gelar Silaturahmi Bersama FKUB

Namun, ia juga berharap masyarakat dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Dalam Pertemuan tersebut, Kapolda  menyampaikan ucapan terima kasih kepada DAD Kabupaten Balangan yang diketuai Mandan.

Silaturahmi ini berkaitan dengan Pemilu yang telah dilaksanakan dan beberapa waktu lalu sudah  memasuki hari terakhir perhitungan suara tingkat Provinsi Kalsel.

“Kepada tokoh Dayak kami ucapkan terimakasih yang telah membantu Kepolisian dalam menjaga situasi kamtibmas di Kalsel, khususnya Kabupaten Balangan selama pelaksanaan pemilu sehingga tidak ada kejadian yang menguras tenaga dan pikiran,” kata Kapolda.

Dirinya yakin, bahwa tokoh-tokoh adat Dayak sangat mendukung terciptanya keamanan yang kondusif dan akan menyampaikan kepada warga Dayak yang ada dibawah agar bijak serta tidak mudah terprovokasi.

“Politik tidak ada hubungannya dengan agama dan suku, sehingga kami meminta agar disampaikan kepada keluarga dan sanak saudara jangan mudah terprovokasi dengan berita hoax yang beredar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza