Inilah Peraih Nilai UNBK SMA/SMK Tertinggi, Dihadiahi Uang Puluhan Juta

PARA siswa peraih nilai ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tahun ajaran 2018/2019, yang berlangsung pada akhir Mei dan awal April lalu, kini bisa tersenyum manis. Pemprov Kalsel memastikan akan mengganjar hadiah uang puluhan juta bagi peraih nilai tertinggi ujian akhir itu.

BONUS yang disiapkan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor telah ada, tinggal dicairkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel bagi juara I, II dan II untuk kategori SMA dan SMK.

Kepala Disdikbud Provinsi Kalsel HM Yusuf Effendi mengungkapkan bagi peraih nilai tertinggi UNBK baik SMA dan SMK, dihadiahi uang bervariasi. Bagi juara I diberi bonus Rp 30 juta, juara II Rp 28 juta dan terakhir, juara III dikasih Rp 26 juta.

BACA : Meraih Nilai Tertinggi di UNBK, Lima Pelajar Mendapat Bantuan Rp 28 Juta

“Bonus itu akan diberikan secara simbolis, selanjutnya akan ditransfer ke rekening siswa SMA dan SMK peraih nilai UNBK tertinggi itu masing-masing,” ucap Yusuf Effendi kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Kamis (9/5/2019).

Tak hanya itu, Yusuf menjelaskan tahun ini ada tambahan bonus bagi siswa SMA Banua yang meraih nilai UNBK tertinggi baik peringkat pertama, kedua dan ketiga. “Ini artinya, ada enam siswa terbaik tiap kabupaten dan kota di Kalsel, plus tiga siswa SMA Banua yang mendapat bonus tersebut,” bebernya.

Yusuf menegaskan pemberian bonus itu tidak terbatas bagi SMA/SMK berstatus negeri, namun sekolah swasta juga mendapat perlakuan sama. Dengan catatan, siswa itu peraih nilai tertinggi UNBK tahun ajaran 2018/2019.

BACA JUGA : Ikuti Seleksi Terbuka, Guru Terbaik Diganjar Bonus Rp 10 Juta

Untuk peraih nilai UNBK tertinggi tingkat SMK se-Kalsel adalah Ardian Dwi Saputra dari SMKN 1 Banjarmasin dengan total nilai 381.00. Di urutan kedua, Ade Tiara Rosalinda dari SMK Telkom Sandhy Banjarbaru dengan total nilai 379.00. Sedangkan, urutan ketiga Herlina dari SMKN 3 Banjarmasin dengan total nilai 354.50.

Para jawara level SMA se-Kalsel adalah Ni Luh Made Marshella Alifha dari SMA Banua, bermodal nilai 384.50. Berikutnya, juara kedua dari SMA Banua, atas nama Muhammad Naufal Arkan dengan total nilai 384.00. Sedangkan, di posisi ketiga diisi Dian Renita Ramadhani Taqwa Adrian Putri dari SMAN I Banjarbaru dengan total nilai 381.50 .

BACA JUGA : Nilai Tertinggi UN SMP/MTs se-Kalsel Tahun 2018, Masih Didominasi Siswa Banjarmasin

“Kami berharap dengan pemberian bonus itu semakin memacu siswa untuk berpretasi. Dana bonus itu telah dialokasikan dalam APBD Provinsi Kalsel,” beber Yusuf.

Mantan Kepala Disdik Kabupaten Hulu Sungai Selatan ini menambahkan Pemprov Kalsel juga memberikan beasiswa khusus bagi anak dari keluarga yang tak mampu untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

“Jadi, setiap kabupaten dan kota diberi jatah satu orang bagi siswa berprestasi dari keluarga tak mampu untuk melanjutkan kuliah kedokteran,” imbuh Yusuf.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS