Barang Konveksi dari Jawa Mulai Berdatangan, Jasa Ekspedisi Meningkat Tajam

PENGIRIMAN barang dari Surabaya ke Banjarmasin melalui jalur laut diklaim mengalami kenaikan oleh pengusaha jasa ekspedisi di Kota Banjarmasin.

OWNER Ekspedisi Lintas Jawa Group, Saut Nathan Samosir bahkan mengaku, kenaikan terjadi sudah sejak sebelum momen Ramadhan lalu hingga sekarang.

“Jika pada hari biasa tiap harinya kita hanya dapat membawa barang dari Surabaya sebanyak 3-4 Truk Puso, maka kini sudah naik menjadi 5-7 Truk Puso,” ungkapnya, Jumat (10/05/2019).

BACA: Harga Kaki Lima, Fasilitas Bintang Lima, Samosir Karaoke Dilaunching

Kenaikan ini sendiri menurut Samosir, disebabkan oleh banyaknya pebisnis konveksi yang sudah menyetok barang untuk persiapan menghadapi momen Lebaran.

“Sepekan setelah pemilihan sudah mulai terasa kenaikannya. Mungkin karena para pedagang melihat Pemilu telah berjalan sukses dan tidak ada chaos, baru mereka mulai berani mengambil barang untuk di stok dari distributor yang ada di Surabaya,” tambahnya.

Kenaikan sendiri diprediksi akan terus berlanjut hingga jelang Lebaran nanti. Ada pun barang yang akan banyak berdatangan dari pulau Jawa akan tetap didominasi oleh jenis konveksi dan kebutuhan pokok.

“Semoga tingginya intensitas barang yang masuk dari Surabaya ke Banjarmasin bisa diimbangi dengan Kapal Roro yang tersedia. Karena kalau tidak bisa membuat mobilitas Truk Barang terganggu, yang tentu dapat berimbas pada ketersediaan barang dipasaran,” harapnya.

BACA JUGA: Konveksi Masih Dominasi Pengiriman Awal Tahun

Sebelumnya, Annisa Raudah, salah satu pebisnis pakaian hijab di Banjarmasin mengaku sudah mulai melakukan penyetokan aneka baju muslim berbagai merk untuk mengantisipasi tingginya pembelian saat jelang momen lebaran.

Ia pun mengaku membeli barang aneka baju muslimnya dari pulau Jawa sejak sebelum Ramadhan lalu, yang pengirimannya menggunakan jasa ekspedisi.

“Biasanya setelah saya order dari distributor yang ada di Surabaya dan Jakarta, tiga hari setelahnya barang yang diminta datang ke Banjarmasin. Saya sengaja membelinya jauh hari karena permintaannya nanti sudah cukup besar dua pekan di momen Ramadhan,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza