Dirgahayu

Komposisi Anggota DPRD Banjar Diprediksi Separuh Wajah Baru

MESKI saat ini masih tahap rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 tengah dirampungkan KPU Kabupaten Banjar, toh raihan coblosan pada Rabu, 17 April 2017 lalu untuk mengetahui komposisi anggota DPRD Kabupaten Banjar periode 2019-2024 sudah beredar.

DIPREDIKSI formasi 45 anggota DPRD Banjar, hampir separuhnya didominasi wajah baru dari berbagai parpol. Terutama, para pemenang kursi parlemen dari lima daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kabupaten Banjar dengan pemilih terbesar kedua di Kalsel, setelah Banjarmasin.

Berbagai kalangan terutama parpol peserta Pemilu 2019 sudah memprediksi siapa saja yang akan melenggang menuju Gedung DPRD Banjar yang bertipe Rumah Banjar di Jalan Achmad Yani, Martapura itu.

BACA : Kecuali PAN, Wajah Lama Mendominasi Caleg Terpilih DPRD Banjarmasin

Yang pasti, dari laga sengit di Pemilu 2019, sejumlah calon petahana dipastikan bakal tersungkur dengan hadirnya pendatang baru. Nah, dari rapat pleno tingkat kecamatan yang tersebar di 20 kecamatan sudah terangkum gambaran siapa saja meraih predikat wakil rakyat.

Dapil Banjar 2 mencakup Kecamatan Martapura Timur, Aranio, Astambul dan Karang Intan tersedia 9 kursi, disebut-sebut sebagai dapil neraka. Ini lantaran, sebagian besar petarung di nomor urut unggulan merupakan calon incumbent.

Hermani caleg petahana dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang bertarung di dapil Banjar 2 mengaku bersyukur, karena bisa berhasil meraih kembali kursi DPRD Banjar kembali. Menurut Hermani, di dapil Banjar 2 hanya ada beberapa petahana yang masih bertahan. “Alhamdulillah, masih mendapat kepercayaan dari masyarakat dan ini amanah yang perlu saya jaga dan perjuangkan,” ucap Hermani kepada jejakrekam.com di Martapura, Senin (6/5/2019).

BACA JUGA : Petahana Raih Suara Terbanyak, Ini Prediksi 30 Caleg Terpilih DPRD Banjarbaru

Data dari berbagai sumber yang berhasil diolah jejakrekam.com, inilah komposisi sementara para caleg berpotensi terpilih dalam Pemilu 2019 dari laga panas memperebutkan 45 kursi DPRD Banjar. Meski formasi ini hanya sementara, karena masih menunggu penetapan dari KPU Kabupaten Banjar mengenai siapa saja yang berhak menduduki kursi tersedia dalam Pemilu 2019.

Untuk dapil Banjar 1 atau wilayah perkotaan Martapura, tersedia 9 kursi. Mereka yang diprediksi meraihnya adalah Rahmat (Golkar), Irwan Bora (Gerindra), Iqbal (Gerindra), Zaki (PPP), Marbawi (Demokrat), Ahdiyat (PKS), Heru (PKB), Rizani (Nasdem) dan Muhammad Hasan Hamdan (PAN).

Sedangkan di dapil Banjar 2 menyediakan 9 kursi direbut caleg unggulan seperti Gusti Abdurrahman atau Antung Aman (Golkar), dua kursi diduduki kader Gerindra yakni Rofiki dan Syarifah Sakinah. Lalu, kader PDIP Diah Rivani, Hermani (PKB), Rusmini (Demokrat), Soraya yang memilih turun kasta dari DPRD Kalsel ke DPRD Banjar dari PAN, Solikin (Partai Nasdem) dan Mulkan, mewakili PPP.

BACA LAGI : Usai Pilih Caleg DPRD Banjar, Dua Petani Wanita Langsung Pergi ke Sawah

Berlanjut ke dapil Banjar 3 meliputi Kecamatan Gambut, Beruntung Baru, Kecamatan Aluh-Aluh dan Kecamatan Tatah Makmur memperebutkan 8 kursi. Para peraihnya yang ditaksir adalah Hj Helda (Gerindra), H Wahyu (PKB), H Razak (Golkar), H Ismail (Demokrat), H Yunani (PAN), Abdussaman (Nasdem) dan dua kursi masing-masing direbut Hj Zulaikha dari PPP dan Herlina dari Partai Hanura.

Para petarung yang berlaga di daerah berbatasan dengan Banjarmasin di dapil Banjar 4, ada 10 kursi tersedia untuk mewakili tiga kecamatan yakni Martapura Barat, Sungai Tabuk dan Kertak Hanyar, diprediksi kursi parlemen diduduki Ruslan dan Sahrin dari Partai Gerindra, Saidan Fahmi (Demokrat), Mardani (Nasdem), M Zaini (PKB) dan Fitriah (PPP) serta Yunita (PDIP) dan Hamdan (PKS). Sisanya, kursi ke-9 dan ke-10 masing-masing direbut kader Golkar, yakni Ratu Juriah dan Rusdiana.

Terakhir di dapil Banjar 5, ada 9 kursi dengan zona pemilihan dari Kecamatan Mataraman, Pengaron, Simpang Empat, Sungai Pinang, Sambung Makmur, Cintapuri Darussalam, Telaga Bauntung dan Kecamatan Paramasan.

Mereka yang akan mewakili dapil ini dari hasil Pemilu 2019 adalah  H  Agus Maulana, Hj Mukarramah, Kamaruzaman berasal dari Golkar. Sedangkan,  kursi lainnya direbut Derwana Farmei Golles, Lauhul Mahfuz, dan Sarwani (Nasdem), Syarkawi (Gerindra), Hj Ratna (PKB) dan M Zaini mewakili PPP. (jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS