Dihujani Interupsi, Pleno Rekap Suara KPU Banjar Berjalan Alot

0

RAPAT pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Banjar, diwarnai banyak interupsi dari para saksi parpol, Senin (6/5/2019). Akhirnya, rapat pleno untuk mengesahkan seluruh penghitungan tingkat kecamatan dirangkum  KPU Kabupaten Banjar di Hotel Novotel Banjarbaru, berjalan lambat.

PROSES rekapitulasi perhitungan suara pemilu 2019 yang digelar KPU Kabupaten Banjar tidak berjalan mulus sejak ditingkat kecamatan. Sebab, untuk di tingkat kecamatan sempat terganggu, akibat di TPS 19 Desa Sungai Sipai, tiga kotak suara tercecer di gudang KPU.

Selanjutnya untuk proses rapat pleno terbuka tingkat Kabupaten Banjar juga terjadi banyak interupsi dari saksi. Termasuk, dari Bawaslu Banjar. Komisioner Bawaslu Banjar Ramliannoor mengatakan, yang diinterupsi para saksi umumnya tidak sesuainya data pemilih.

BACA : Buka Kotak Suara, 2 TPS di Desa Mangkauk Harus PSU, KPU Banjar Minta Hitung Ulang

“Daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) yang tidak sinkron pada semua tingkatan pemilihan PPWP, DPR RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten,” ujar Ramliannoor saat dikontak jejakrekam.com, Senin (6/5/2019).

Ia mengungkapkan, untuk Kecamatan Paramasan terpaksa dua kali ditunda pembacaan rekapitulasi, karena form yang dibacakan tidak sesuai dengan yang dipegang para saksi dan Bawaslu Banjar.

“Karena itu kami dari Bawaslu Banjar meminta agar KPU Banjar membuka form DAA1 agar bisa ditelusuri data yang benar,” tandas Ramliannoor.

BACA JUGA : Satu Ditemukan, Kotak Suara Pilpres dan DPRD Banjar Hilang

Hingga sore ini proses rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara tingkat Kabupaten Banjar masih berlangsung alot. Sejumlah saksi dan komisioner Bawaslu Banjar masih bertahan di Hotel Novotel tempat rapat pleno digelar.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.