Satu Ditemukan, Kotak Suara Pilpres dan DPRD Banjar Hilang

0

PANITIA Pemilihan Kecamatan (PPK) Martapura, Kabupaten Banjar dihebohkan dengan hilangnya tiga kotak suara saat hendak menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat kecamatan terbuka yang dihadiri para saksi parpol dan Panwascam Martapura, Sabtu (4/5/2019).

TIGA kotak suara itu berasal dari TPS 19 Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura, yang hendak dibongkar dan dihitung kembali dalam rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara secara terbuka oleh PPK Martapura.

Hilangnya tiga kotak suara ini sudah masuk dalam laporan yang diterima Bawaslu Kabupaten Banjar, berdasar temuan dari Panwascam Martapura. Raibnya tiga kotak suara berisi semua dokumen hasil pemungutan dan penghitungan suara di TPS 19 Desa Sungai Sipai, sontak membuat gaduh seantero Kabupaten Banjar.

BACA : Buka Kotak Suara, 2 TPS di Desa Mangkauk Harus PSU, KPU Banjar Minta Hitung Ulang

Apalagi, rencananya, Minggu (5/5/2019) ini, usai semua kecamatan menyelesaikan proses rekapitulasi suara, akan digelar tingkat kabupaten oleh KPU Banjar.

Tiga kotak suara yang diduga hilang itu adalah kotak suara Pilpres, DPRD Provinsi Kalsel dapil 2, dan kotak suara DPRD Kabupaten Banjar.

Komisioner Bawaslu Banjar Syahrial Fitri mengatakan, pihaknya baru mengetahui adanya laporan hilangnya tiga kotak suara TPS 19 Desa Sungai Sipai, Sabtu (4/5/2019) sekitar pukul 21.15 Wita.

“ Kami mendengar adanya isu hilangnya kotak suara, lalu pukul 16.00 Wita,  kami perintahkan Panwascam Martapura untuk menelusurinya. Nah, pukul 21.15 Wita, kami terima laporan Panwascam Marrtapura soal kotak suara yang memang diduga hilang,” ucap Syahrial Fitri kepada jejakrekam.com di Martapura, Sabtu (4/5/2019).

Syahrial menduga kemungkinan besar kotak suara itu terselip di antara sekian banyak kotak suara dari Kecamatan Martapura. Sebab, satu kotak suara untuk DPRD Provinsi Kalsel sudah ditemukan di Kantor Kecamatan Martapura.

BACA JUGA : Ada Puluhan Kotak Suara Basah, Ketua KPU Kalsel : Bisa Dikeringkan

“Kini masih dicari kotak suara untuk Pilpres dan kotak suara DPRD Kabupaten Banjar dapil Banjar 1,” ucap Syahrial Fitri.

Sementara itu, Ketua KPU Banjar Muhaimin sudah dicoba jejakrekam.com untuk dikonfirmasi, namun belum ada tanggapan, hingga berita ini ditayangkan.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.