Efek Kemenangan Prabowo-Sandi, Gerindra Melonjak, PPP Kehilangan Tiga Kursi

0

HAMPIR bisa dipastikan Partai Amanat Nasional (PAN) bertengger sebagai pemenang Pemilu 2019 di Kota Banjarmasin. Dari prediksi yang ada, parpol dikomando mantan Walikota Banjarmasin H Muhidin bakal merebut sedikitnya 9 kursi hasil coblosan Rabu, 17 April 2019.

INFORMASINYA sebaran kursi yang direbut PAN itu berasal dari dapil Banjarmasin Tengah terdapat nama HM Faisal Hariyadi (Sekretaris DPW PAN Kalsel). Di dapil Banjarmasin Utara, nama caleg Hj Syarifah Saqinah dan Amelia Handayani bakal dilantik jadi wakil rakyat. Satu kursi lagi diduduki Ketua DPD PAN Banjarmasin Harry Wijaya di dapil Banjarmasin Timur.

Berikutnya, dua kursi diraih PAN di dapil Banjarmasin Selatan, nama Afrizal Aye Sinema, Abdul Muis dan Istiqamah disebut-sebut tiga caleg terpilih. Terakhir, Banjarmasin Barat; Hj Mira Farialni dan Hj Rinda Herliani. Dominasi PAN diprediksi mengalahkan Golkar dalam Pemilu 2014 lalu, menyabet 8 kursi dan mendudukkan kadernya sebagai Ketua DPRD Banjarmasin.

BACA : Ini Prediksi Peraih Kursi DPRD Banjarmasin di Dapil Utara dan Selatan

Tambahan lima kursi yang direbut PAN, sebelumnya hanya empat kursi cukup mengejutkan. Sedangkan, Golkar hampir dipastikan hanya tersisa enam kursi dari lima dapil yang menyediakan kursi parlemen di Pemilu 2019.

Bagaimana dengan Partai Gerindra yang terdongkrak dengan kemenangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Banjarmasin dan Kalsel?

“Ya, berdasar perhitungan internal, kemungkinan Gerindra bisa menambah kursi. Jika Pemilu 2014, hanya tiga kursi naik 100 persen menjadi enam kursi di Pemilu 2019 ini. Namun, bisa juga jadi tujuh kursi,” ucap Ketua DPC Partai Gerindra Banjarmasin, Muhammad Yamin kepada jejakrekam.com, Rabu (1/5/2019).

BACA JUGA : Jadi Jawara, Kursi Ketua DPRD Banjarmasin Dipastikan Milik PAN

Dengan menanjaknya raihan suara dan kursi Gerindra, Yamin pun bersyukur karena terbukti kemenangan Prabowo-Sandi turut mendongkrak elektabilitas partai dan caleg usungannya. Yamin berharap pleno penghitungan dan rekapitulasi yang masih berlangsung di tingkat kecamatan, bisa sesuai dengan perhitungan internal Gerindra.

“Awalnya, kami menargetkan 10 kursi, namun bisa meraih enam hingga tujuh kursi di DPRD Banjarmasin hasil Pemilu 2019 ini, kami sudah bersyukur di tengah persaingan sengit Pemilu 2019,” ujar anggota DPRD Banjarmasin ini.

Meski Gerindra dipastikan dapat jatah kursi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin, Yamin pun tak ingin buru-buru posisi bergengsi itu akan ditempatinya. Menurut dia, semua keputusan itu berada di tangan pimpinan DPD Partai Gerindra Kalsel dalam menentukannya.

“Sepatutnya unsur pimpinan dewan itu ditempati pimpinan DPC Partai Gerindra Banjarmasin, tapi keputusan akhir tetap di tangan partai,” cetus Yamin.

BACA LAGI : 11 Parpol Pertahankan Incumbent, Perebutan 45 Kursi DPRD Banjarmasin Diprediksi Seru

Sementara itu, PPP dipastikan akan kehilangan jatah kursi pimpinan dewan hasil Pemilu 2019 ini. Sekretaris DPC PPP Kota Banjarmasin Aman Fahriansyah mengakui berdasar perhitungan sementara, PPP hanya mampu merebut dua kursi.

“Satu kursi di dapil Banjarmasin Barat yang direbut saudara Arufah Arief (Ketua DPC PPP Banjarmasin) dan dapil Banjarmasin Selatan diisi saudara Muhammad Rasyid Ridha,” tutur Aman.

Ia mengakui PPP harus kehilangan tiga kursi di tiga dapil hasil Pemilu 2014, akibat persaingan yang begitu ketat, hingga dampak dari brutalnya politik uang. “Sudah rahasia umum jika Pemilu 2019 ini sangat brutal politik uangnya. Ini ditambah lagi dari awal penyelenggara pemilu terkesan amburadul. Saya sendiri sangat benci dengan politik uang,” tegas Aman.

BACA LAGI : Inilah Alokasi 45 Kursi DPRD Banjarmasin di Pemilu 2019

Meski harus kehilangan kursi, Aman mengatakan hal itu sudah menjadi takdir dan fakta bagaimana masyarakat Banjarmasin dalam menjatuhkan pilihannya.

“Ya, basis-basis massa PPP yang telah lama dibina dicuri parpol lain. Perubahan ini diduga karena adanya politik uang. Memang sulit membuktikannya, tapi itu menjadi fakta publik,” kata Aman.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.