Bahan Evaluasi Perbaikan Pelayanan Publik, DPMPTSP Sosialisasikan IKM

0

DINAS Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalsel, melakukan sosialisasi tentang Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) kepada DPMPTSP kabupaten dan kota seKalsel. kegiatan ini menghadirkan beberapa nara sumber, seperti M Nasir dari Biro Organisasi Pemprov Kalsel, serta Noorhalis Majid, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel.   

KEPALA DPMPTSP Kalsel H Nafarin,  mengatakan bahwa IKM wajib dilaksanakan oleh instansi pelayanan publik, minimal satu tahun dalam sekali agar mengetahui respon masyarakat atas layanan yang diberikan.  “IKM juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pelayanan publik, serta reverensi penyusunan kegiatan tahun berikutnya,” jelasnya.

BACA: Ombudsman Dukung Bimtek LAPOR 3.0 Pemprov Kalsel

Sementara itu, M Nasir dari Biro Organisasi Pemprov Kalsel menguraikan tentang pelayanan prima yakni masyarakat mendapat pelayanan sebagaimana mestinya. “Profesional, terampil, sigap, sikap yang ramah, bertanggungjawab, tampil menarik, merupakan syarat dalam memberikan pelayanan prima,” ujar Nasir.

Sedangkan Kepala Ombudsman Perwakilan Kalsel, Noorhalis Majid, menekankan paparannya pada soal perbaikan pelayanan publik. Bahwa harapan masyarakat yang terus meningkat, memaksa penyelenggara pelayanan publik untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya. “Perubahan yang sangat cepat menyangkut perkembangan teknologi dan informasi, juga harus direspon oleh penyelenggara pelayanan publik, bila tidak maka akan digilas jaman,” jelasnya.

Noorhalis juga menjelaskan tentang pelayanan publik yang harus mengedepankan nilai. Tidak sekedar ada, namun sudahkah memberi keadilan. Keadilan itulah nilai yang harus dihadirkan, sehingga pelayanan publik tidak berbuah diskriminasi. “Pelayanan publik yang mengusung nilai, akan mendorong pada perbaikan peradaban bangsa. Pelayanan publik yang baik, adalah potret peradaban bangsa,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Riza
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.