ACT

PDIP Klaim Sulaiman-Syafruddin-Rifqi Rebut Tiga Kursi DPR RI

0 1.001

MERAUP lebih dari 23 persen suara di Kalimantan Selatan, PDI Perjuangan bisa mengutus tiga politisi muda untuk menduduki kursi DPR RI di Senayan, Jakarta hasil Pemilu 2019 ini. Tiga kursi parlemen ini direbut dari dua daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Selatan.

SEKRETARIS DPD PDI Perjuangan Kalsel H Supiansyah mengungkapkan berdasar perhitungan internal dari 13 kabupaten dan kota, minus dua kecamatan di Banjarmasin hampir bisa dipastikan PDIP merebut tiga kursi dari 11 kursi tersedia di dapil Kalsel.

Ia menyebut untuk dua kursi dapil Kalsel 2 (Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru) direbut Sulaiman Umar dan Syafruddin H Maming. Sisanya, satu kursi terakhir diisi HM Rifqinizamy Karsayuda di dapil Kalsel 1 (Kabupaten Banjar, Batola, Tapin, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Utara, Balangan dan Tabalong).

BACA : Siapa yang Melenggang ke Senayan Mewakili Kalsel di Pemilu 2019, Ini Prediksinya!

“Jadi, tiga kursi DPR RI yang direbut PDIP itu berdasar hasil perhitungan internal kami. Apalagi, perolehan suara PDIP di Kalsel lebih dari 23 persen, lebih tinggi dibandingkan raihan suara secara nasional,” kata Sekretaris DPD PDIP Kalsel H Supiansyah kepada jejakrekam.com, Selasa (30/4/2019).

Dia menegaskan di internal parpolnya tidak mengistimewakan figur tertentu, walau yang bersangkutan termasuk publik figur. Ketika tiga kursi itu diisi wajah baru dari PDIP, Supiansyah mengatakan hal itu merupakan pilihan rakyat Kalsel.

Ketua DPRD Tanah Bumbu ini mengakui efek dari pencalonan petahana, Joko Widodo tidak terlalu berpengaruh pada peta pemilih di Kalsel. Justru, Supiansyah menyebut ketokohan Ketua DPD PDIP Kalsel H Mardani H Maming sangat mewarnai raihan suara dan kursi parpolnya di Banua.

BACA JUGA : Psikolog ULM : Caleg Gagal Terpilih, Potensi Gangguan Jiwa Lebih Tinggi

Terpisah, politisi muda PDIP Kalsel Muhammad Rifqinizamy Karsayuda mengklaim raihan suaranya di dapil Kalsel 1 sudah 60 ribu lebih dari 100 ribu suara yang ada.

“Selama kampanye, saya mengambil jalan berbeda dengan kandidat lain. Jika mereka memperkuat diri melalui pencitraan alat peraga kampanye (APK), saya justru merangkul tokoh-tokoh kunci yang berpengaruh kuat di dapil Kalsel 1,” urai mantan dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Melalui mesin penggerak Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kalsel, Rifqinizamy mengakui ratusan kelompok yang bergerak merangkul para pemilih di dapil Kalsel 1.

“Saya juga menyampaikan program kerja jika nanti terpilih menjadi anggota DPR RI mewakili Kalsel. Soal pelantikan, sepenuhnya diserahkan ke pimpinan partai,” tutur Rifqi.

BACA LAGI : Sudah Lama Jadi Vote Getter, Ian Kasela Pilih Terjun Langsung di Politik

Sebagai putra daerah, Rifqi menginginakan gar semua figur di Kalsel harus setara, berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan tokoh lainnya di level nasional.“Saya ingin memperjuangkan agar akselerasi pembangunan Kalsel lebih cepat lagi ke depan,” pungkasnya.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun jejakrekam.com dari berbagai sumber, menyebut dari 90 persen data C1, hasil pleno tingkat kecamatan se-Kalsel, hampir dipastikan pengisi 11 kursi DPR RI perpaduan wajah lama dan baru.

Diprediksi untuk peraih enam kursi di dapil Kalsel 1 adalah Bambang Heri Purnama (Golkar), Saiful Rasyid (Gerindra), Habib Aboebakar Alhabsyi (PKS), Pangeran Khairul Saleh (PAN), Syaifullah Tamliha (PPP) dan HM Rifqinizamy Karsayuda (PDIP).

Sedangkan, lima kursi di dapil Kalsel 1 disebut-sebut akan direbut Sulaiman Umar (PDIP), Hasnuryadi Sulaiman (Golkar), Muhammad Noor (Gerindra), HM Zairullah Azhar (PKB) dan kursi terakhir direbut politisi muda PDIP, Syafruddin H Maming.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.