Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 Batu Piring Berjalan Lancar

0

PEMUNGUTAN suara ulang (PSU) di TPS 02, Kelurahan Batu Piring, berjalan lancar. PSU diawasi komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Parmas dan SDM KPU Kalsel Edy Ariansyah, komisioner Divisi Teknis KPU Kalsel Hatmiati Mas’ud, komisioner Panwas Balangan serta ketua KPU Balangan Sarpani.

EDY Ariansyah mengatakan, pelaksanaan PSU sesuai rekomendasi Bawaslu Balangan. Pemungutan ulang dilakukan karena ada ketidampahaman antara panitia denga pemilih yang tidak terdaftar dan tidak membawa form A5, namun diperbolehkan mencoblos hanya dengan menggunakan e-KTP.

“Hanya human error, terkait pemahaman yang salah antara panitia pemilihan dengan pengguna e-KTP untuk mencoblos yang semua disepakati oleh pihaknya lainnya seperti para saksi serta pengawas TPS,” katanya.

BACA : Taufik Arbain: Kabar Baik dan Kabar Buruk dari Pemilu 2019

Ketua KPU Balangan Sarpani mengakui hal yang sama. Menurutnya, kesalahan ini murni ketidakpahaman panitia pemungutan suara yang membolehkan warga yang tidak terdaftar di DPT dan membawa A5 untuk mencoblos.

Proses PSU sendiri berjalan lancar, dimana ada 216 DPT di TPS 02 Kelurahan Batu Piring mengunakan hak pilihnya. Total pemilih yang mencoblos 162 orang, terdiri dari 160 DPT ditambah satu pengguna DPK dan satu pemilih DPTb. Untuk Pilpres, pasangan presiden dan wakil presiden 01 memperoleh 39 suara dan pasangan presiden dan wakil presiden 02 memperoleh 118 suara, dan 6 suara tidak sah.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.