Dirgahayu

ACT Kalsel : Satu dari Lima Warga Kalsel Terancam Kelaparan

BULAN suci Ramadhan 1440 Hijriyah akan tiba dalam hitungan hari. Esensi puasa Ramadhan untuk mengasahkan empati dengan rasa lapar dan dahaga seperti yang dialami orang-orang papa. Tak hanya meningkatkan iman dan takwa kepada Allah yang Maha Kuasa.

TERNYATA berdasar fakta yang diungkap Aksi Cepat Tanggap, khususnya di Kalimantan Selatan, masih ada satu dari lima orang yang terancam kelaparan tiap harinya.

Lembaga yang bergerak dalam misi kemanusiaan ini terus memotivasi masyarakat Kalsel dalam menyambut kedatangan bulan suci itu dengan memperbanyak amal saleh. Salah satunya dengan berderma melalui program Ramadhan 2019 ACT bertajuk “Marhaban ya Dermawan”.

Kegiatan diskusi ini menghadirkan narasumber Ustadz Alwi Sahlan yang merupakan mantan Wakil Walikota Banjarmasin.  Kemudian, Kepala Cabang ACT Kalsel dan Koordinator Program ACT M Budi Wahid dalam diskusi Berkah Ramadhan Percepat Pengentasan Kemiskinan di RM Sambal Acan, Rabu (24/4/2019).

BACA : Kategori Miskin Jika Penghasilan Hanya Rp 401.220 per Bulan

Diskusi sekaligus launching Marhaban Yaa Dermawan ini juga dihadiri mitra dan komunitas ACT yaitu Kalsel Peduli, BEM FE Uniska, Masjid Besar At Taqwa, BEM STIMIK, Salikul Akhirah, Rumah Singgah Balangan, AMMBA, dan Salon Beauty Akhwat.

Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin mengatakan betapa pentingnya untuk ikut andil mengurangi kemiskinan di Kalsel. “Kemiskinan memang sunatullah, tapi kita bisa berkontribusi dengan cara menguranginya,” ujar Zainal Arifin.

Ia memaparkan data bahwa sebanyak 12,5 juta orang di Indonesia termasuk ke dalam kategori miskin. Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah bagi masyarakat yang sudah tergolong mampu mencukupi kebutuhan diri sendiri.

“ACT Kalsel bermaksud ingin memberikan motivasi bahwa Ramadhan adalah waktu terbaik untuk berbagi sebanyak-banyaknya kepada masyarakat,” terang Zainal Arifin.

BACA JUGA : Jangan Hanya Mengejar Adipura, Banjarmasin Harus Mampu Entaskan Kemiskinan

Menurut dia, langkah-langkah strategis untuk menjemput para dermawan ini pun akan segera diambil, seperti mengadakan pendekatan langsung kepada masyarakat dan menyebarluaskan media-media promosi seperti baliho.

“Selain itu, kami juga akan melakukan jemput bola ke mitra ACT seperti instansi pemerintah dan sekolah-sekolah,” tuturnya.

Zainal mengungkapkan keinginannya agar masyarakat semakin meningkatkan kepedulian mereka di bulan Ramadhan yang akan segera tiba.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS