Tunggu Surat Suara, Dua TPS di Amuntai Tengah Gelar PSU

DUA tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar pemilihan suara ulang (PSU) menjalankan rekomendasi dari Bawaslu pada Kamis (25/4/2019) nanti. Hal ini menindaklanjuti temuan adanya pemilih luar berbekal KTP elektronik bisa mencoblos di dua TPS tersebut.

KETUA KPU Kabupaten HSU Rina Mei Saputri mengungkapkan dua TPS yang menggelar HSU adalah TPS 20 Sungai Malang dan TPS 6 Desa Palampitan Hulu di Kecamatan Amuntai Tengah.

“Untuk TPS 20 Sungai Malang yang diulang adalah tiga yakni pemilihan presiden-wakil presiden, DPR RI dapil Kalsel 1 dan DPD RI. Sedangkan, untuk TPS 6 Desa Palampitan Hulu, ada dua pemilihan suara ulang yakni pilpres dan DPD RI,” tutur Rina Mei Saputri kepada wartawan di Amuntai, Selasa (23/4/2019).

BACA : Bawaslu Kalteng Rekomendasi PSU/PSL di Lima TPS Tiga Kabupaten

Ia menerangkan untuk jumlah pemilih baik terdapat dalam daftar pemilih tetap (DPT) maupun daftar pemilih tambahan (DPTb) di TPS 20 Sungai Malang terdapat 232 orang. Sedangkan, DPT dan DPTb di TPS 6 Palampitan Hulu, tercatat 220.

Rina mengakui PSU ini dilakukan berdasar rekomendasi dari Bawaslu HSU dan Bawaslu Kalsel karena ada pemilih yang memiliki KTP elektronik dari luar tidak membawa formulir A5, mau mencoblos di TPS tersebut tanpa membawa keterangan surat pindah.

“Untuk pemilih yang datang ke TPS 20 Sungai Malang sebanyak 12 orang. Sedangkan di TPS  6 Palampitan Hulu terdata sebanyak 11 orang,” ucap Rina.

BACA JUGA : Empat TPS di HSU, HST dan Balangan Direkomendasi Pemungutan Suara Ulang

Ia mengakui saat proses pemungutan suara berjalan lancar, namun masalah itu baru diketahui setelah staf pengawas pemilihan umum kecamatan melaporkan adanya temuan pemilih luar yang mencoblos kedua TPS melanggar prosedur berlaku.

“Untuk surat suara sudah kami usulkan ke KPU Provinsi Kalsel. Namun, hingga kini belum datang. Saat ini, sudah diantar surat undangan kepada  para pemilih untuk kembali datang ke dua TPS tersebut pada Kamis (25/4/2019),” tuturnya.

Rina berharap pelaksanaan PSU ini berjalan lancar dan sesuai dengan rencana. Untuk itu, Rina mengimbau agar para pemilih yang memiliki suara di dua TPS kembali berpartisipasi.(jejakrekam)

 

Penulis Muhammad
Editor Didi GS