Siapa yang Melenggang ke Senayan Mewakili Kalsel di Pemilu 2019, Ini Prediksinya!

BERBAGAI prediksi siapa yang melenggang ke Senayan Jakarta sebagai legislator DPR RI hasil Pemilu 2019 di dua daerah pemilihan Kalimantan Selatan terus bermunculan. Meski saat ini proses penghitungan belum selesai 100 persen, serta belum diumumkan secara resmi oleh KPU RI, toh banyak puhak menebak siapa yang bakal terpilih.

UNTUK daerah pemilihan Kalsel 1 mencakup Kabupaten Banjar, Barito Kuala (Batola), Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan (HSS), Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan dan Kabupaten Tabalong, nama-nama calon petahana justru disebut-sebut bakal memenangi laga sengit di Pemilu 2019.

Seperti aktivis Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalsel Khairiadi Asa, dalam postingannya facebooknya pun memprediksi PAN bisa merebut dua kursi dengan adanya figur H Muhidin (mantan Walikota Banjarmasin) di dapil Kalsel 2 (Banjarmasin, Banjarbaru, Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru) dan Khairul Saleh (mantan Bupati Banjar dua periode) di dapil Kalsel 1.

“Partai Golkar, PKS, Gerindra, PKB tetap seperti dulu. PPP dan PDI Perjuangan berpeluang di dapil Kalsel 2,” tulis mantan komisioner KPU Kabupaten Barito Kuala ini dalam akun facebooknya.

BACA : Psikolog ULM : Caleg Gagal Terpilih, Potensi Gangguan Jiwa Lebih Tinggi

Nama-nama incumbent bakal lolos ke Senayan lagi pun bermunculan di berbagai medsos, seperti Syaifullah Tamliha, caleg unggulan DPR RI dari PPP ini ditaksir akan melenggang lagi mewakili Kalsel 1.

Begitupula, dua politisi gaek Golkar, Gusti Iskandar Sukma Alamsyah dan Ahmadi Noor Supit akan meraih dua kursi untuk beringin di dapil Kalsel 1. Ada lagi yang memprediksi Habib Aboebakar Al-Habsyi dengan basis massa pendukungnya di Kabupaten HSS dan HST, bakal merebut satu tiket lagi di DPR RI.

Nah, perebutan kursi terakhir atau kursi keenam dari dapil Kalsel 2, tengah memanas seiring pergerakan suara yakni dari PKB, PDI Perjuangan dan Partai Gerindra dengan caleg andalannya, mantan Bupati HST, Saiful Rasyid.

BACA JUGA : Berikan Kejutan di 2019, DPW Nasdem Kalsel Targetkan 2 Kursi Senayan

Jika berkaca pada hasil Pemilu 2014, di dapil Kalsel 1 peraih kursi pertama adalah Ahmadi Noor Supit alias Memet, disusul Habib Aboebakar Alhabsyi, lalu ada Indro Hananto yang kemudian diganti Bambang Heri Purnama dari Golkar, dan kursi keempat direbut Syaifullah Tamliha. Kursi kelima dan keenam, masing-masing diduduki wakil PKB, H Zainal Arifin Noor dan Saiful Rasyid usungan Gerindra.

Saat dikonfirmasi jejakrekam.com, Syaifullah Tamliha enggan menanggapi soal prediksi, karena masih menunggu pergerakan suara yang cukup dinamis di dapil Kalsel 1. Meski kabarnya, Syaifullah Tamliha unggul suaranya di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yang menjadi basis konstituennya, di samping Kabupaten Banjar.

Bagaimana dengan dapil Kalsel 2 yang merupakan wilayah panas karena hanya lima kursi tersedia. Nama pendatang baru yang cukup fenomenal, dr Sulaiman Umar dari PDI Perjuangan disebut-sebut mendulang suara terbanyak pertama.

BACA LAGI : Nasrullah AR Bacaleg PPP Nomor 1, Syaifullah : Sebagai Petahana, Saya Yakin Terpilih

Ada pula yang memprediksi Hasnuryadi Sulaiman sebagai calon incumbent dari Golkar, tetap bertahan merebut satu kursi DPR RI di deretan kedua. Kemudian, mantan Bupati Kotabaru Sjachrani Mataja yang hijrah dari Gerindra ke Partai Nasdem juga disebut-sebut. Lalu, ada nama kader Gerindra Muhammad Noor, dan calon petahana PPP, HM Aditya Mufti Ariffin, bakal melenggang ke Senayan Jakarta.

Namun, keyakinan Zairullah Azhar, mantan Bupati Tanah Bumbu dua periode akan kembali ke Jakarta juga disuarakan Ketua DPW PKB Tanah Bumbu, Hasanuddin di Istana Anak Yatim Darul Azhar Batulicin, Senin (22/4/2019), seperti diposting Sukriansyah Sukrie dalam akun facebooknya.

BACA LAGI : Sudah Lama Jadi Vote Getter, Ian Kasela Pilih Terjun Langsung di Politik

Dasar optimistisme ini adalah Zairullah Azhar diinformasikan telah meraih 45 ribu berdasar rekapitulasi C1 yang dikumpulkan tim pemenangannya dari DPW PKB Kalsel.

Menarik untuk ditunggu hasil rekapitulasi penghitungan secara resmi dari KPU Kalsel dan KPU RI, siapa saja wakil rakyat Banua yang bisa melenggang ke Senayan Jakarta hasil Pemilu 2019, menjawab semua prediksi yang beredar di media sosial belakangan ini.(jejakrekam)

 

 

 

Penulis Didi GS
Editor Didi G Sanusi