Semai Bibit Atlet Kalsel, Festival Olahraga Pelajar Momentum Kebangkitan Banua

RATUSAN pelajar SMP dan SMA sederajat dari 10 kabupaten dan kota se-Kalimantan Selatan menghadiri pembukaan Festival Olahraga Pelajar yang mempertandingkan cabang olahraga futsal, tenis meja, bulutangkis dan dance tingkat Provinsi Kalsel di Borneo Indoor Futsal, Jalan Tembus AMD, Banjarmasin, Senin (22/4/2019).

USAI membuka secara resmi Festival Olahraga se-Kalsel, Gubernur Sahbirin Noor mengingatkan agar para peserta tetap menjunjung tinggi sportivitas dan berjuang tanpa kenal lelah.

“Ajang ini untuk mencari bibit atlet untuk dibina lebih lanjut sehingga dapat berprestasi di jenjang yang lebih tinggi seperti tingkat regional, nasional hingga internasional,” ucap Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini.

BACA : Gubernur Kalsel Buka POPDA 2019

Dia menyebut atlet yang berprestasi tidak lahir begitu saja, namun melalui proses yang panjang. Termasuk berpartisipasi di turnamen tingkat pelajar. “Olahraga tidak hanya sebagai sarana menjaga kesehatan dan kebugaran tetapi sebagai wadah pembentukan karakter generasi muda,” kata Paman Birin.

Ketua Umum DPD Partai Golkar Kalsel ini merindukan prestasi olahragawan Banua  di tingkat nasional dan mampu bersaing dengan atlet-atlet daerah lain. Melalui Festival Olahraga Pelajar Tingkat Provinsi Kalsel bisa menjadi momentum kebangkitan olahraga Banua sekaligus persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA : Cari Bibit Unggul, 10 Tim Tangguh Berlaga di Haji Leman Cup U-12

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel Hermansyah mengatakan Festival Olahraga Pelajar ini menjadi wadah untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dimulai dengan turnamen tingkat pelajar.

“Kami anggap festival olahraga pelajar sebagai persiapan menuju generasi emasnya Kalsel,” terang mantan Kadiskominfo Kota Banjarmasin.

Menurut Hermansyah, ajang serupa tidak hanya berhenti di festival olahraga namun ada juga even-even lainnya yang dibidani Dispora Provinsi Kalsel. “Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan menggelar even tingkat nasional seperti kejurnas karate dan gulat,” ucap Hermansyah.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS