Empat Nama Tak Lolos, PKS Rekomendasikan Faqih Jarjani Jadi Cawabup HST

KABAR mengejutkan datang dari DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hulu Sungai Tengah (HST). Empat nama bakal calon Wakil Bupati HST yang melamar ke parpol reikarnasi Partai Keadilan itu ternyata dikabarkan tak sejalan dengan visi-misi parpol pengusung Bupati HA Chairansyah itu.

SEBELUMNYA empat nama bakal calon Wabup HST telah mengikuti audensi di DPD PKS HST di Barabai, Kamis (4/4/2019). Empat nama itu adalah anggota DPRD Banjar asal Partai Nasdem, Ahmad Rozanie Himawan Nugraha dan Staf Ahli Gubernur Kalsel Achmad Sofiani.

Kemudian, politisi PDI Perjuangan yang juga Sekretaris PWNU Kalsel Berry Nahdian Furqan dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kotabaru, H Zainal Arifin.

Ternyata tensi politik berubah pasca Pileg dan Pilpres 2019 di tubuh PKS. Para kader, tokoh agama, tokoh masyarakat dan simpatisan hingga struktur DPD PKS HST justru menginginkan H Faqih Jarjani didorong sebagai calon Wakil Bupati HST sisa masa jabatan 2016-2021.

BACA : Gerindra Pastikan Tak Ada Nama Berry, PKS Jaring Empat Cawabup HST

Kabarnya, nama Faqih Jarjani juga telah disetujui Ketua Wilayah Dakwah Kalimantan, Habib Aboebakar Alhabsyi serta Ketua DPW PKS Kalsel Ja’far yang merekomendasikan nama mantan Wabup HST era Bupati Harun Nurasid periode 2010-2015.

Sekretaris DPW PKS Kalsel Awan Subarkah mengakui jika nama Faqih Jarjani yang direkomendasikan DPP PKS dan DPW PKS Kalsel sebagai calon Wakil Bupati HST untuk mendampingi Bupati HA Chairansyah.

“Ya, mohon maaf empat nama bakal calon wakil bupati yang mengikuti audensi di DPD PKS HST, memng tidak sesuai dengan keinginan PKS. Jadi, harapan seluruh pengurus dan kader hingga tokoh agama dan masyarakat HST menginginkan Ustadz Faqih Jarjani yang ditunjuk sebagai calon Wakil Bupati HST,” tutur Awan Subarkah kepada jejakrekam.com, Minggu (21/4/2019).

BACA JUGA : Empat Cawabup HST Dicecar PKS Soal Komitmen Jaga Meratus

Anggota DPRD Banjarmasin ini menyebut pengalaman Faqih Jarjani yang pernah jadi Wakil Bupati HST serta Ketua DPRD HST, turut jadi pertimbangan sehingga bisa mengawal semua kebijakan dari Bupati HA Chairansyah. “Termasuk, dalam mengawal kebijakan dan penyelamatan Meratus yang kini jadi konsentrasi di Kabupaten HST,” ucap Awan Subarkah.

Nama Faqih Jarjani pun diusulkan PKS ke DPRD HST. Rencananya, Senin (22/4/2019), usulan nama calon wakil bupati ini akan diterima Bupati HA Chairansyah sebelum diajukan ke DPRD HST. Sedangkan, PBB sendiri sudah memastikan nama Berry Nahdian Furqan sebagai jagonya. Kedua parpol ini sama-sama mengantongi tiga kursi. Sedangkan, Partai Gerindra punya enam wakil di DPRD HST.

BACA LAGI : PBB Tetapkan Politisi PDIP Berry Nahdian Furqan Cawabup HST

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Dewan Syuriah DPD PKS HST Faqih Jarjani pun tak menepis jika dirinya yang direkomendasikan PKS menjadi calon Wabup HST. Menurut dia, hal itu berdasar keinginan struktural partai serta keinginan banyak pihak di Kabupaten HST.

“Saya juga telah disetujui Ketua Wilayah Dakwah Kalimantan Habib Aboebakar Alhabsyi dan Ketua DPW PKS Kalimantan Selatan Ustadz Ja’far. Ini semua mengharap ridha Allah SWT. Atas dasar itu, DPD PKS HST merekomendasikan saya menjadi calon wakil bupati,” ucap Faqih Jarjani.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan/Didi GS
Editor Didi G Sanusi