PSU di TPS 03 Desa Matang Ginalon, Pandawan HST Digelar Selasa Nanti

0

REKOMENDASI pemungutan suara ulang (PSU) dari Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan segera dijalankan KPU Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Proses pemungutan suara ulang di TPS 03 Desa Matang Ginalon, Kecamatan Pandawan akan digelar pada Selasa (23/4/2019) nanti.

KETUA KPU Kabupaten HST Johransyah mengakui dari hasil temuan panwas TPS ditindaklanjuti Bawaslu HST, hingga terbit rekomendasi dari Bawaslu Kalsel, tercatat ada 7 orang yang memiliki hak suara hanya menyodorkan KTP elektronik dan diterima petugas KPPS TPS 03 Desa Matang Ginalon, tanpa melampirkan formulir A5.

“Atas temuan dan rekomendasi itu, kami langsung mengecek ke lapangan. Ternyata, benar. Makanya, kami segera laksanakan PSU di TPS 03 Desa Matang Ginalon pada Selasa pekan depan,” kata Ketua KPU HST, Johransyah saat dikontak jejakrekam.com, Sabtu (20/4/2019).

BACA : Empat TPS di HSU, HST dan Balangan Direkomendasi Pemungutan Suara Ulang

Di TPS 03 Desa Matang Ginalon, terdapat 242 pemilih berdasar daftar pemilih tetap (DPT) terdiri dari 126 pemilih laki-laki dan 116 pemilih perempuan. Surat suara tersedia di TPS 03 berdasar ketentuan sebanyak 247 lembar, yakni pemilih DPT 242 ditambah 2 persen surat suara tambahan.

Menurut Johransyah, berdasar kesepakatan dengan KPPS yang bertugas saat hari pemungutan dan penghitungan suara pada Rabu (17/4/2019) lalu, juga menyetujui dilaksanakan PSU berdasar rekomendasi Bawaslu tersebut. Bahkan, TPS yang ada juga berada di tempat yang sama.

BACA JUGA : Bawaslu : Kesalahan Penghitungan, Alasan Mendasar Penghitungan Suara Ulang

“Kami juga telah menyiapkan logistik pemilu yang diperlukan dalam PSU ini. Artinya, KPPS yang ada sudah siap melaksanakan PSU. Kami mengimbau agar warga yang memiliki hak pilih bisa kembali mendatangi TPS dan menjalankan PSU tersebut,” kata Jojo, sapaan akrabnya.

Apakah nanti angka partisipasi pemilih bisa naik atau menurun? Jojo enggan berspekulasi. Menurutnya, terpenting adalah menjalankan rekomendasi Bawaslu untuk PSU, serta bisa mendorong masyarakat untuk kembali datang ke TPS, sehingga proses pemungutan dan penghitungan suara bisa berjalan sesuai koridor berlaku.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.