Cari Bibit Unggul, 10 Tim Tangguh Berlaga di Haji Leman Cup U-12

CUKUP lama Haji Leman Cup telah vakum. Kini, turnamen yang mempertemukan para pesepakbola junior di laga terbaik ini dihidupkan lagi. Kompetisi ini pun mengingatkan publik terhadap tokoh sepakbola Banua almarhum H Abdussamad Sulaiman HB yang merupakan pendiri PS Barito Putera.

UNTUK turnamen Haji Leman Cup 2019 ini, jika sebelumnya mempertandingkan tim sepakbola semua umur, kali ini difokuskan pada kelompok umur di bawah 12 tahun (U-12).

Tercatat, ada 10 tim yang berlaga di Haji Leman Cup U-12 yakni tim-tim berasal dari dua kota Banjarmasin dan Banjarbaru. Tim tersebut adalah  SSB Junior 2000 A dan B, SSB Hasnur Barito Putera A dan B, Real Madrid Foundation, SOBP Banjarmasin A dan B, Asia 25 A dan B Banjarbaru, serta SOBP Banjarbaru.

Dengan menggunakan pola setengah kompetisi, Haji Leman Cup U-12 ini dibagi dalam dua grup. Bergulir sejak Sabtu (20/4/2019) di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin. Untuk semifinal dan final akan dihelat pada Minggu (21/4/2019) besok.

BACA : Harumkan Indonesia, Dua Pemain Barito Putera Dikasih Bonus Rp 100 Juta

“Kami berharap bisa melanjutkan tradisi kakek kami almarhum Haji Leman dalam mencari bibit-bibit muda pesepakbola Banua. Bedanya, jika dulu semua umur, sekarang difokuskan pada usia dini yakni di bawah umur 12 tahun,” ucap Ketua Panitia Pelaksana Haji Leman Cup U-12 Muhammad Firman Didaputra Hasnuryadi kepada wartawan, usai membuka perhelatan itu di Lapangan Sepakbola SKB Mulawarman Banjarmasin, Sabtu (20/4/2019).

Dida berharap gelaran Haji Leman Cup bisa dilanggengkan kembali berbentuk liga untuk ke depan dengan kategori U-15, U-16, dan U-17. Dengan begitu, tim-tim tangguh dari seluruh kabupaten dan kota se-Kalsel bisa berlaga penuh.

Menurut Dida, lewat liga semacam itu bisa dicari mudah bibit unggul pesepakbola dari Kalsel untuk memperkuat skuad Barito Putera untuk tim U-16, U-18 hingga tim senior.

BACA JUGA : PSSI Kalsel Fokus Pembibitan Pesepakbola Usia Dini

Diakuinya, saat ini, justru Barito Putera masih kekurangan pesepakbola lokal, sehingga proses penjaringan dan penyaring bibit dari berbagai daerah sangat mutlak dilakukan agar tercipta iklim kompetisi yang baik di Banua.

Harapan besar juga disuarakan  Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Kalsel, Hasnuriyadi Sulaiman. Menurut dia, lewat Haji Leman Cup bisa jadi media untuk menggali potensi para pesepakbola asli Kalsel.

“Untuk itu, kami mengajak seluruh pihak, terutama pemerintah daerah guna mendukung kegiatan semacam ini. Kami juga telah berkomunikasi dengan pejabat pemerintah daerah di Kalsel, yang siap ikut berpartisipasi dalam ajang pencarian bibit pesepakbola muda semacam ini,” ujar Manager Barito Putera ini.

BACA LAGI : Target Juara Liga 1, Barito Putera Datangkan Tiga Pemain Baru

Sebagai putra almarhum Haji Leman, Hasnur pun tak memungkiri turnamen ini sempat vakum, ketika sang ayah wafat sehingga hanya sempat digelar satu kali. Hasnur bercerita saat itu dirinya tengah fokus untuk mengelola klub warisan sang ayah, Barito Putera.

“Tahun ini memang digelar putra saya. Semoga langkah awal walau berskala kecil, tim-tim yang berlaga merupakan tim undangan karena keterbatasan waktu dan tempat. Yang pasti, ke depan, Haji Leman Cup akan digelar lebih besar lagi,” pungkas anggota Komisi XI DPR RI asal Fraksi Golkar ini.(jejakrekam)

 

Penulis Deden
Editor Didi GS