Demi Satu TPS Sungai Gampa Dikirim Dua Klotok Angkut Logistik Pemilu

MESKI hanya satu tempat pemungutan suara (TPS) di Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, pengiriman logistik pemilu yang dimuat dalam kotak suara jadi prioritas penyelenggara Pemilu 2019.

BERADA di wilayah perkotaan, Sungai Gampa termasuk daerah yang sulit terakses dengan jalur darat, sehingga pengiriman logistik pemilu harus menggunakan moda transportasi sungai.

Dua klotok yang mengangkut lima kotak suara berisi surat suara, formulir dan dokumen yang dibutuhkan TPS 22, RT 22 Kelurahan Sungai Jingah diantar Panwascam Banjarmasin Utara, polisi dan TNI serta Lurah Sungai Jingah dan Ketua PPS Sungai Jingah, Hairani Nasri.

Pengiriman logistik pemilu diangkut dua klotok dimulai dari Dermaga Taman Adiwisata Sungai Jingah pada Selasa (16/4/2019) sekitar pukul 11.00 Wita. Terdata di TPS 22 Sungai Gampa, ada 272 pemilih terdiri dari 150 pemilih laki-laki dan 122 pemilih perempuan.

BACA : Tunggu Air Pasang, Pengiriman Logistik Pemilu ke Pulau Bromo Dikawal Polisi

“Ya, dari seluruh wilayah yang ada di Banjarmasin Utara, khususnya di Sungai Jingah, daerah Sungai Gampa tak bisa diakses lewat jalur darat, sehingga logistik pemilu harus diangkut dengan klotok,” kata Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Utara Iberahim kepada jejakrekam.com, Selasa (16/4/2019).

Dengan pengawalan ketat aparat TNI dan Polri, Iberahim mengatakan tak ada kendala apa pun dalam pengiriman logistik melalui perairan Sungai Martapura tersebut.

“Jangankan pakai mobil, sepeda motor saja tidak bisa menembus kawasan itu. Makanya, jalur sungai dipilih ke Sungai Gampa. Dibandingkan wilayah lainnya, jelas daerah ini perlu perhatian untuk ke depan agar bisa terakses lewat jalur darat,” tutur Iberahim.

BACA JUGA : Banjarmasin Utara Masih Kekurangan 7 Kotak Suara

Mengenai kekurangan logistik pemilu seperti kotak suara, serta salinan daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) telah diambil di Kantor KPU Banjarmasin untuk diserahkan ke masing-masing TPS.

“Semua sudah beres. Ini kami sudah bergerak ke Kelurahan Alalak Utara untuk mengantar keperluan logistik pemilu. Dari laporan yang ada, semua berjalan aman dan lancar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS