Ada Puluhan Kotak Suara Basah, Ketua KPU Kalsel : Bisa Dikeringkan

KOTAK suara yang memuat surat suara dan dokumen penting di Kantor Kelurahan Pemurus Dalam, Senin (16/4/2019) sore, mengalami kerusakan. Kotak suara berbahan kardus itu robek setelah basah disiram air hujan dalam proses pengiriman dari Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan ke kelurahan setempat.

KETUA Panwas Kelurahan Pemurus Dalam Kamaluddin menceritakan ada puluhan kotak suara yang basah dan robek akibat saat proses pengiriman dengan mobil pickup di tengah jalan diguyur air hujan. Walau sudah dibungkus plastik pengaman, rembesan air tetap masuk ke kotak suara.

“Pengangkutan kotak suara berisi logistik pemilu lainnya dengan empat pickup. Namun, saat menuju ke Kantor Kelurahan Pemurus Dalam sudah mengalami kerusakan, karena diguyur hujan,” cerita Kamaluddin kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Senin (15/4/2019).

BACA : Kena Air Hujan, Sejumlah Kotak Suara di Gambut dan Aranio Rusak

Dia menyebut ada puluhan kotak suara yang basah. Saat ini, untuk jumlah persisnya masih menunggu Bawaslu dan KPU Kota Banjarmasin untuk dibuatkan berita acara. “Yang pasti, ada kotak suara yang robek, basah dan terkena rembesan air hujan. Ya, jumlahnya sekitar 50 buah,” kata Kamaluddin.

Cuaca Banjarmasin yang sangat tinggi intensitas hujannya dikhawatirkan Kamaluddin justru kotak suara berisi logistik pemilu untuk digunakan di TPS, bisa saja mengalami kejadian serupa seperti di Kelurahan Pemurus Dalam.

BACA JUGA : Ada 66.858 Kotak Suara Kardus Dipakai KPU Kalsel di Pemilu 2019

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalsel Sarmuji mengatakan untuk kotak suara yang rusak atau robek akan segera diganti, sembari menunggu berita acara yang dibuat di lokasi ditemukan logistik tersebut.

“Jelas, temuan ini akan kami tindaklanjuti. Yang pasti, acuannya adalah berita acara. Nah, kalau cuma kotak suara itu basah, bisa dikeringkan dan akan kembali seperti semula. Beda kalau robek atau rusak, baru kita ganti,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS