Lantik 310 Prajurit, Pangdam Ingatkan Netralitas TNI

SEBANYAK 310 siswa sekolah calon tamtama (secata) PK Rindam VI Mulawarman dilantik menjadi Prajurit Dua oleh Panglima Kodam VI Mulawarman Mayor Jendral TNI Subiyanto di lapangan kejujuran Rindam Vl Mulawarman.  

“DENGAN berakhirnya pendidikan pertama ini, kalian akan diberikan waktu cuti. Pergunakan waktu cuti tersebut dengan sebaik-baiknya. Perhatikan faktor keamanan dan taati peraturan yang berlaku dilingkungan TNI AD,” tegas Pangdam.

Menurut dia, setelah menyandang status sebagai seorang prajurit, maka otomatis hak berpolitik akan gugur karena sudah jelas bahwa TNI tidak boleh berpolitik sebagaimana diatur dalam UU RI Nomor 34 Tahun 2004.

BACA: Danrem Seleksi Ratusan Calon Tamtama di Sidang Parade

“Perlu saya ingatkan, cuti bersama kalian berdekatan dengan pelaksanaan Pileg dan pilpres 17 April 2019. Oleh sebab itu, jaga dan pegang terus netrallitas TNI AD dengan tidak terlibat politik praktis,” lanjutnya.

Rangkaian pelantikan para prajurit ini diisi dengan sejumlah kegiatan seperti bongkar pasang senjata dengan kondisi mata tertutup, beladiri melite Youngmoodo, halang rintang, serta ditutup dengan aksi pembebasan sandera dengan tehnik pertempuran khusus.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani, Danrem 101/Ant, Kolonel Inf M  Syeh Ismed, Danlunud Syamsuddin Kolonel Pnb Riadi Widyoko, Danrindam VI Mlw, Kolonel Irwan Subekti, Aspers Kasdam VI/Mlw Kol. Inf Gunawan Permadi, Kabekangdam VI/ Mlw Kol Cba Hery Ismailiya, Dansat Brimobda Polda Kombes Pol Ardiansyah Daulaye, Ka SPN Polda Kalsel Kombes Pol Didik, para Dansat Jajaran Korem 101/Antasari.(jejakrekam)  

Penulis Asyikin
Editor Fahriza