Harga Kebutuhan Pokok di Palangka Raya Dinilai Masih Terkendali

0

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita meninjau Pasar Besar Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu (13/4/2019). Ia didampingi Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjahya Widayanti, Staf Khusus Bidang Efektivitas dan Perdagangan Radix Siswo Purnomo, Kepala Bulog Divre Kalteng Faisal, dan anggota DPR RI Hamdhani.

DARI hasil tinjauan langsung di pasar itu, harga bahan pokok masih terkendali dan tidak ada kekhawatiran akan lonjakan harga, khususnya beras. Bahkan harga beras cenderung turun. Begitu juga untuk beras lokal yang baru panen, harganya bahkan di bawah HET (harga eceran tertinggi) yang ditetapkan pemerintah.

Mendag mengungkapkan, operasi pasar masih akan terus dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok, sampai hingga lebaran nanti, agar harga bahan pokok akan tetap stabil.

“Kementerian Perdagangan bersama Bulog akan menjaga kestabilan harga juga
ketersediaan. Jadi kalau ada gejolak nanti bisa diantisipasi lebih cepat. Dari sisi pasokan, terutama dalam menghadapi Ramadhan tidak ada masalah,” ujarnya.

Selain itu, sebagian besar harga pokok di Pasar Besar masih stabil. Harga telur ayam ras cenderung turun. Hal ini tak lepas dari upaya Kementerian Perdagangan yang telah melakukan operasi pasar untuk membuat harga telur ayam tidak jatuh, baik di tingkat peternak maupun di tingkat konsumen.

Tetapi harga bawang merah dan bawang putih, perlahan naik di pasar ini. Untuk itu, pemerintah akan segera menstabilkan harga bawang. Selain itu akan meminta importir untuk mengeluarkan stok yang ada di gudang, sehingga harga bawang di pasaran dapat kembali stabil.

Dari hasil pantauan, harga beras medium lokal dijual di kisaran Rp 9.000-Rp 10.000 per kilogram, gula pasir Rp 11.000-Rp 12.000 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000 per liter, tepung terigu Rp 10.000 per kilogram, daging sapi Rp 120.000 per kilogram, daging ayam ras Rp 33.000 per kilogram.

Kemudian harga telur ayam ras Rp 24.000 per kilogram, cabai merah keriting Rp 50.000 per kilogram, cabai merah besar Rp 50.000 per kilogram, cabai rawit merah Rp 40.000 per kilogram, bawang merah Rp 35.000-Rp 40.000 per kilogram, dan bawang putih Rp 40.000-Rp 45.000 per kilogram.(jejakrekam)

Penulis Tiva
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.