Apel Siaga Kesiapan Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Suara

0

BAWASLU Tabalong gelar apel siaga kesiapan pengawasan Pemilu 2019 di Lapangan Giat Tabalong, Sabtu (13/4/2019. Sebanyak 964 pengawas Pemilu disiagakan untuk mengawasi masa tenang hingga pemungutan suara.

KETUA Bawaslu Tabalong Hirsan mengatakan, apel siaga digelar untuk memantapkan persiapan pengawasan pada masa tenang dan pemungutan suara.

“Sebanyak 964 pengawas di Tabalong akan mengawasi semua tahapan Pemilu, khususnya di masa tenang dan pemungutan suara nanti,” katanya.

Menurutnya, apel siaga hanya diikuti pengawas Pemilu yang ada di Kecamatan Tanjung, Murung Pudak, dan Tanta. Sedangkan dari kecamatan lain yang cukup jauh jaraknya tidak diikutsertakan.

“Kita hanya mengundang pengawas Pemilu yang dekat saja dari lokasi kegiatan apel siaga, sebab yang jauh biar tetap fokus mengawasi di daerah mereka,” tandasnya.

Komisioner Bawaslu Kalsel Aris Mardiono mengatakan, sesuai arahan Bawaslu RI, Bawaslu se-Kalsel menggelar apel siaga patroli pengawasan.

“Kegiatan ini dimaknai bahwa pengawas Pemilu membunyikan alarm siaga menjaga masa tenang dan tahapan pemungutan dan penghitungan suara dari segala bentuk kecurangan dan pelanggaran Pemilu,” ujar mantan Ketua Panwaslu Banjarmasin ini.

Menurut Aris, masa tenang rawan terhadap praktik-praktik curang, seperti politik uang, kampanye hitam, fitnah, berita bohong, dan bersinggungan dengan SARA. “Untuk itu pengawas Pemilu di semua jajaran meningkatkan kewaspadaan dan siap melakukan pencegahan terhadap potensi pelanggaran serta melakukan penindakan terhadap segala bentuk kecurangan yang terjadi,” tegasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.