ACT

Gandeng PT Pos, Pengiriman Logistik Pemilu Telah Dimulai di Kotabaru

0 174

DISTRIBUSI logistik Pemilu 2019 dengan pengawalan ketat aparat Polres Kotabaru mulai dilakukan KPU Kotabaru. Dimulai Kamis (11/4/2019) menyasar tujuh kecamatan baik melalui jalur darat maupun laut, pengiriman ratusan kotak suara, bilik suara dan keperluan logistik lainnya di tempat pemungutan suara (TPS).

UNTUK pengiriman hari pertama ini menuju ke Kecamatan Hampang, Pamukan Barat, Sungai Durian, Pamukan Utara, Sampanahan dan Pulau Laut Kepulauan melalui jalur darat. Pengiriman logistik diangkut dengan truk dan dikawal polisi. Khusus ke Pulau Sembilan, dengan moda transportasi laut pada Kamis (11/4/2019).

KPU Kotabaru pun menggandeng PT Pos Indonesia Batulicin untuk pengiriman logistik pemilu. Sedangkan, pada hari kedua, Jumat (12/4/2019), giliran logistik pemilu dikirim ke Kecamatan Pulau Laut Barat, Kelumpang Hilir, Kelumpang Hulu, Pulau Laut Tanjung Selayar, Pulau Laut Tengah, Kelumpang Darat dan Kelumpang Selatan dengan armada truk.

BACA : Kotabaru Rendah Partisipasi, Kabupaten Tapin dan HST Rawan Konflik

Berlanjut pada Sabtu (13/4/2019), untuk logistik keperluan TPS di Kecamatan Pulau Laut Timur, dan Pulau Laut Selatan dengan jalur darat. Sedangkan, logistik untuk Pulau Sebuku, Kelumpang Tengah, Kelumpang Utara dan Pamukan Selatan dikirim dengan kapal dan perahu melalui jalur laut.

Sedangkan untuk kawasan kota di Kecamatan Pulau Laut Utara disalurkan logistik ke 339 TPS, dengan 1.695 kotak suara dan 1.356 biilik suara, serta surat suara pada hari terakhir, Minggu (14/4/2019), hingga Selasa (16/4/2019). Total TPS yang ada di Kotabaru mencapai 1.115 buah, kotak suara yang dikirim 5.575 buah dan 4.460 bilik suara.

BACA JUGA : Petakan Daerah Rawan, Bawaslu Kotabaru Tugaskan 1.115 Pengawas TPS

Pengiriman logistik ke kecamatan ini pun diawasi jajaran Bawaslu Kotabaru. Komisioner Bawaslu Kotabaru, Akhmad Gafuri mengungkapkan pengawasan pergerakan logistik pemilu, terutama surat suara terus dipantau hingga ke lokasi tujuan.

“Aparat kepolisian juga mengawal pengiriman logistik pemilu sampai ke kecamatan yang dituju. Jadi, dalam sepekan ini, akan berlangsung pengiriman logistik pemilu ke kecamatan untuk nantinya dikirim ke TPS, sebelum hari H,” kata Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kotabaru ini kepada jejakrekam.com, Kamis (11/4/2019).

Menurut dia, pengawasan pendistribusian logistik pemilu ini sangat penting karena menyangkut keperluan TPS serta sukses atau tidaknya gelaran pesta demokrasi lima tahunan itu.(jejakrekam)

 

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.