Disdikbud Kalsel Berharap Nilai UNBK Naik Dibanding Tahun Lalu

0

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Selatan berharap adanya kenaikan yang signifikan atas nilai integritas maupun nilai rata-rata yang diperoleh para siswa  terhadap mata pelajaran yang diujikan secara nasional. 

HARAPAN itu disampaikan, Kadisdikbud  Kalsel M Yusuf Effendy, kepada wartawan usai rapat bersama Komisi IV di Banjarmasin, Kamis (11/4/2019).

BACA: Bukan Akhir Kebersamaan, 77 Siswa SMAN Banua Lulus BBS

Dia menyebutkan, dari hasil evaluasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan menempatkan  Kalsel merupakan salah satu dari enam provinsi di Indonesia  yang melaksanakan UNBK sebesar 100 persen baik secara mandiri maupun menumpang dengan sekolah lain.

Selain itu, tahun ini  hanya beberapa sekolah yang melaksanakan UNBK dengan menumpang sekolah lain. Misalnya pada tahun-tahun sebelumnya siswa SMA Pulau Sembilan di Kabupaten Kotabaru, melakukan perjalanan menggunakan jalur laut sekitar 10 jam  untuk melaksanakan UNBK di SMA di Kabupaten Kotabaru.

BACA JUGA : Kepala MAN 3 Banjarmasin Optimistis Siswanya 100 Persen Lulus UNBK

Kondisi perjalanan yang melelahkan tersebut  sudah tentu akan memberikan dampak bagi mereka  dalam melaksanakan ujian nasional. “Tahun 2019 ini SMA Pulau Sembilan dapat menggelar UNBK secara mandiri di sekolah mereka sendiri ” kata dia.

Sekadar diketahui, pada 2019 ini, sebanyak 22 ribu siswa dari 188 sekolah menengah atas /SMA/ baik negeri maupun swasta di Banua  mengikuti UNBK. Pelaksanaan UNBK tersebut  dari tangga 1,  2, 4, dan 8 April 2019,  berjalan lancar dan tak ditemukan kendala berarti.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.