ACT – MRI Gelar Aksi Sosial di Desa Kambiyain

AKSI Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Balangan dan Kalsel gelar aksi sosial dongeng kemanusiaan dan layanan kesehatan gratis di Desa Kambiyain, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan.

DESA ini dipilih karena termasuk daerah terpencil, sebab akses listrik belum masuk ke desa yang dihuni oleh masyarakat adat Dayak Meratus ini.

Pengurus MRI Kalsel dr Muthmainah mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk kepedulian relawan kepada masyarakat di desa terpencil. “Ini adalah aksi kedua di Desa Kambiyain. Semoga ke depan makin banyak kepedulian untuk warga dan kami pun berharap bisa kembali mendatangi warga di sini,” ujar Muthmainah.

BACA : ACT MRI Sambangi Korban Kebakaran di Pelambuan

Muthmainah mengungkapkan, dari hasil pemeriksaan kesehatan masyarakat Desa Kambiyain, ditemukan beberapa penyakit seperti hipertensi. Namun, menurut Muthmainah, secara umum warga dalam keadaan sehat. “Pada saat pemeriksaan, beberapa warga berharap dapat dilaksanakan sunatan massal karena banyak anak-anak yang belum disunat,” ungkapnya.

Ketua MRI Balangan Nurul Yaqin mengatakan, pihaknya selalu siap untuk terus mendampingi masyarakat Desa Kambiyain. “Insya Allah Desa Kambiyain akan dijadikan sebagai salah satu desa binaan dalam program MRI Balangan, yaitu Aksi Kemanusiaan Dacil (daerah terpencil), agar kita bisa sama-sama membangun daerah ini,”  ungkapnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Andi Oktaviani