Lestarikan Budaya Sungai, Lomba Jukung di Desa Sungai Rangas Digelar

0

KAWASAN Sungai Martapura yang biasa disebut Gubernur Kalsel,  H Sahbirin Noor,  Alam Roh 8 di Desa Sungai Rangas Tengah,  Kecamatan Martapura Barat,  Kabupaten Banjar akan menjadi tempat dilaksanakan lomba dayung.

BERTAJUK Paman Birin Cup,  lomba dayung tersebut dilaksanakan Rabu (10/4/2019). Sebanyak 54 regu dipastikan ambil bagian lomba tersebut.

BACA: Terapi Lumpur di Alam Roh 8, Paman Birin Ajak Dua Danrem Nikmati Sensasinya

Kepala Desa Sungai Batang,  Muhammad Aspi menjelaskan,  kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan ide dan gagasan Sahbirin Noor atau yang kerap disapa Paman Birin.  Menurutnya,  kegiatan tersebut bertujuan untuk lebih mengenalkan kawasan Alam Roh 8.

“Seperti kita ketahui, di kawasan ini selain dijadikan penyandang pangan juga ada lokasi terapi lumpur, ” ujar Muhammad Aspi kepada jejakrekam.com, Selasa (9/4/2019).

Ia menyebut,  tujuan utama dilaksanakannya lomba dayung adalah untuk melestarikan budaya sungai.  Dikatakannya,  sungai bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Banua.

BACA JUGA : Lomba Jukung Tradisional Dipastikan Wabup Banjar Jadi Even Tahunan

“Meski zaman sudah berkembang Paman Birin tak ingin budaya sungai hilang,  makanya dilaksanakan lomba ini supaya budaya sungai tetap terjaga,” katanya seraya menambahkan 54 regu sudah terdaftar.

Pada lomba tersebut,  masing-masing regu akan adu kecepatan dalam mengayuh untuk sampai di garis finish.  Yang tercepat akan menjadi pemenang.  Beragam hadiah sudah disiapkan panitia. “Pesertanya dari berbagai daerah di Kalsel.  Satu jukung dikayuh 6 orang untuk adu cepat,” beber pria yang juga ketua pelaksana kegiatan ini.(jejakrekam)

Penulis Sayyidil Ahmad
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.