KPU HSS Prioritaskan Pengiriman Logistik Pemilu ke Nagara dan Loksado

0

PENDISTRIBUSIAN logistik pemilu untuk hari pemungutan suara pada Rabu, 17 April 2019 dipastikan KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan didahulukan daerah yang secara geografis sulit dijangkau.

SESUAI jadwal, selama tiga hari akan dimulai pendistribusian logistik pemilu pada tanggal 14,15 dan 16 April 2019, baik kotak suara, surat suara serta lainnya.

“Ada 844 TPS didirikan di seluruh Kabupaten HSS terbagi dalam 11 kecamatan dan 114 desa dan empat kelurahan. Namun, ada beberapa daerah yang sulit dijangkau dengan akses jalan darat, makanya pengiriman logistik pemilu didahulukan,” ucap Ketua KPU Kabupaten HSS Nida Guslaili Rahmadina kepada jejakrekam.com, Selasa (9/4/2019).

BACA : Kotabaru Rendah Partisipasi, Kabupaten Tapin dan HST Rawan Konflik

Dia menyebut daerah yang sulit dijangka itu berada di Kecamatan Daha Utara, Daha Selatan, Daha Barat atau kawasan Nagara, Kecamatan Loksado, Simpur dan Kelumpang.

“Bahkan, untuk menjangkau ke beberapa desa, tak bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor, harus menggunakan perahu kecil bermesin atau ces. Nah, aspek pengamanan dan keselamatan pengantar logistik serta barang bawaan jadi pertimbangan kami,” ucap mantan Ketua KNPI HSS ini.

Untuk surat suara yang akan didistribusikan dalam kotak suara yang telah memuat semua keperluan di TPS, bertotal 879.196 lembar. Sedangkan,  surat suara Pilpres 2019 sebanyak 175.239 lembar, surat suara DPD RI 175.239 lembar, pemilihan anggota DPR RI dapil Kalsel 1 sebanyak 175.239 lembar dan pemilihan anggota DPRD Provinsi Kalsel dapil Kalsel 4 sebanyak 175. 239 lembar.

BACA JUGA : Dahulukan Daerah Terpencil, Logistik Pemilu Didistribusikan KPU Banjar

Berikutnya,  surat suara yang akan dicoblos bagi pemilihan anggota DPRD Kabupaten HSS terbagi dalam tiga dapil yakni dapil 1 (Kecamatan Kandangan, Sungai Raya, Simpur dan Kalumpang) sebanyak 69.975 lembar.

Selanjutnya, dapil HSS 2 (Kecamatan Angkinang, Telaga Langsat, Padang Batung dan Loksado) diterima sebanyak 45.498 dan terakhir dapil HSS 3 (Kecamatan Daha Barat, Daha Selatan dan Daha Utara) sebanyak 62.767 lembar.(jejakrekam)

Penulis Siti Nurdianti
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.