Jelang Ramadhan, Aksi Jual Emas Makin Ramai

0

MENJELANG Bulan Ramadhan, masyarakat di Banua diprediksi ramai melakukan aksi jual emas walaupun harga saat ini masih dibilang tetap stabil.

HAL ini dikarenakan nantinya banyak dari masyarakat yang memerlukan dana segar untuk keperluan modal usaha dan persiapan kalau nantinya memasuki tahun ajaran baru.

BACA: Sempat Tembus Rp 600 Ribu Per Gram, Harga Emas Berangsur Turun

“Iya saya mau jual emas perhiasan buat persiapan tambahan modal buat usaha, karena kalau tidak dibelikan emas biasanya uangnya tidak tergabung,” kata Ani salah satu masyarakat yang ingin menjual emas.

Menurut pantauan dari salah satu pusat perdagangan emas terbesar di Kalsel, yakni Pasar Sentral Antasari Banjarmasin, harga emas kadar 99 persen hari ini dibandrol mencapai Rp 585 ribu pergram yang mana setengah bulan yang lalu berada dikisaran Rp580 ribu pergram. Sedangkan harga emas Bbatangan hari ini dijual sebesar Rp 585 ribu pergram,setengah bulan lalu juga masih sama pergramnya.

“Harga tersebut memang ada kenaikan dan bisa turun seperti biasanya , tapi harga itu masih dibilang cukup stabil tiap bulannya,” kata Owner Toko Emas Taksir H Gurdan, Senin (08/04/2019).

BACA JUGA:Pastikan Harga dan Stok Bahan Pokok Aman, Dinas Perdagangan Gelar Rakor

Adapun untuk harga emas lainnya, karat 70 persen dan karat 40 persen juga ada kenaikan walaupun tidak melonjak jauh, untuk karat 70 persen hari ini dijual Rp440.000 , setengah bulan lalu yakni Rp 435 ribu dan karat 42 persen dijual hari ini Rp 250 ribu , setengah bulan lalu seharga Rp 245 ribu

“Kami tidak bisa memprediksi harga emas akan tetap bertahan atau berubah. Yang jelas saat ini dikisaran Rp 585 ribu pergram. Hal ini biasanya mengikuti harga emas pasaran dunia, dan tergantung juga dari daya beli dan jual masyarakat,” tambahnya.

Ia memprediksi, aksi jual akan tinggi nantinya jika sudah memasuki bulan Ramadhan. Sebab pada waktu itu keperluan masyarakat akan besar ,baik untuk sekolah maupun lebaran.

“Biasanya sama seperti tahun tahun yang lalu,apabila memasuki Ramadhan maka masyarakat banyak yang menjual daripada membeli, pada bulan ini minat jual masyarakat untuk emas mencapai 60 persen yang menjual ,dan 40 persen yang membeli,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.