Dimulai Dari Keluarga, Hendra Budayakan Gaya Hidup Zero Waste

0

KAMPANYE gaya hidup minim sampah tengah dikampanyekan oleh mereka yang giat mendorong gerakan ramah lingkungan. Di media sosial, berbagai tagar bisa kita temukan, salah satunya #zerowaste, jika ingin mendapatkan inspirasi mengenai upaya meminimalisasi sampah.

HENDRA Caleg PKS dapil II Banjarmasin Utara yang merupakan satu pegiat gerakan zero waste mengungkapkan gaya hidup minim sampah sudah lama dilakoninya di lingkungan rumah tangga.

BACA: Sampaikan Visi Misi, Hendra Sambangi Pemilih dari Pintu ke Pintu

Pengajar FEB ULM ini mengatakan sudah bertahun-tahun dalam lingkungan rumah tangga terbiasa tidak menggunakan plastik sekali pakai, seperti sedotan, kantong kresek, hingga air mineral sekali pakai.

 

“Kita berkomitmen di PKS untuk menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, contohnya gerakan Earth Hour yaitu mematikan listrik selama satu jam di kantor DPD PKS Kota Banjarmasin, yang mungkin tidak dilakukan di kantor partai lain,” imbuh Hendra.

Ia menyebut, meskipun sudah ada payung hukum yakni Perda Nomor 10 Tahun 2009 tentang pengelolaan sampah dan pertamanan serta retribusi kebersihan, namun implementasi di lapangan belum maksimal.

BACA JUGA: Terjun ke Panggung Politik Sebagai Ibadah

Hendra mengatakan kebijakan Ibnu-Herman yang melarang penggunaan plastik di ritel modern menginspirasi kota-kota lain di Indonesia dalam memerangi sampah plastik. “Namun tidak cukup hanya itu, gerakan zero waste harus menjadi kebiasaan masyarakat Banjarmasin,” ungkap pakar ekonomi Syariah ini.

Hendra mengatakan gerakan zero waste harus dimulai dari gedung DPRD Kota Banjarmasin, agar memberikan contoh yang baik bagi warga Kota Seribu Sungai.

“Saya terpilih akan menerapkan konsep DPRD Kota Banjarmasin minim sampah dimulai dari Fraksi PKS lalu ke gedung DPRD Kota Banjarmasin secara keseluruhan, sebagai wakil rakyat harus memberikan contoh yang baik bagi masyarakat,” tandas Hendra.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Husaini
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.