Lahirkan Pekerja Cerdas, FSP KEP Tabalong Gelar Pelatihan Dasar

1

MINIMNYA pengetahuan yang dimiliki pekerja terkait keberadaan serikat pekerja mendorong Federasi Serikat Pekerja Kimia, Energi, Pertambangan, Minyak, Gas Bumi dan Umum (FSP KEP) Kabupaten Tabalong menggelar pelatihan dasar (Pelatdas).

SEKJEN DPP FSP KEP, Bambang Surjono mengatakan pekerja itu harus mengetahui hak-haknya sebagai seorang pekerja.  Sebab jika tak tahu maka haknya tersebut tidak akan terpenuhi.

“Karena itulah pentingnya seorang pekerja itu memiliki pengetahuan dasar tentang organisasi dan advokasi,” ujarnya kepada wartawan usai menghadiri pelatihan dasar organisasi dan advokasi yang dilaksanakan DPC FSP KEP Kabupaten Tabalong.

BACA: Lisanuddin Pimpin PUK SP KEP PT Buma

Dalam pelatihan dasar tersebut, kata dia, peserta dibekali tentang pengetahuan dasar tentang organisasi, bagaimana seharusnya hubungan antara pekerja dengan perusahaan, dan apa saja yang menjadi hak mereka sebagai pekerja.

Sementara itu, Ketua DPC FSP KEP Tabalong, Syahrul S mengatakan pelatihan dasar organisasi dan advokasi ini sangat penting untuk diikuti pekerja. Karena itu, pihaknya berupaya agar pelatihan ini dapat di gelar di Kabupaten Tabalong.

BACA JUGA: Misra Menuntut Hak Melalui Pengadilan Hubungan Industrial

Alhamdulillah, pelatihan ini digelar di Kabupaten Tabalong, dengan peserta yang tidak dari Tabalong namun juga ada peserta dari Kalteng dan Kaltim,” ujarnya. Dengan adanya pelatihan tersebut, pihaknya berharap para pekerja menjadi lebih cerdas, militan dan bertanggung jawab.

Ke depan kata dia, pihaknya tidak ingin ada lagi pekerja yang dibodohi oleh perusahaan yang hanya diperas tenaga dan keringatnya sedang hak-hak dan kesejahteraannya tidak diperhatikan. Untuk itulah pentingnya diadakan pelatihan dasar organisasi dan advokasi ini agar meskipun tidak didampingi serikat pekerja, mereka dapat membela diri mereka sendiri.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.