Tunggu Penggantian Surat Suara Rusak, KPU Barito Utara Siap Kirim ke Kecamatan

0

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Utara telah merampungkan proses pelipatan surat suara masing-masing daerah pemilihan (dapil) untuk hari pemungutan suara, Rabu 17 April nanti. Semua logistik paling vital itu pun telah disortir dan dimasukkan ke masing-masing kotak suara untuk segera didistribusikan.

PLT Ketua KPU Barito Utara, David Suisdarta mengatakan untuk tiga dapil seperti dapil I Teweh Tengah sudah selesai. Kemudian, dapil Barito Utara II mencakup Kecamatan Lahei, Lahei Barat, Teweh Timur dan Gunung Purei, dan dapil III Gunung Timang dan Montallat dalam proses penyelesaian.

“Sedangkan, untuk dapil IV Teweh Baru dan Teweh Selatan masih belum, karena menunggu droping dari KPU Provinsi Kalteng. Kami menunggu pengiriman surat suara baru karena sebelumnya mengalami kerusakan,” ucap David Suisdarta kepada wartawan di Muara Teweh, Selasa (2/4/2019).

BACA : 25.571 Surat Suara di Barito Utara Tak Dapat Digunakan 

Ia menjelaskan untuk penyusunan surat suara hanya tiga dapil yang ada di Kabupaten Barito Utara. Sementara untuk surat suara rusak yang diterima masih menunggu kiriman dari KPU Kalteng, seperti yang diusulkan KPU Barito Utara.

“Yang pasti, pada 14 April nanti, semua surat suara telah sampai ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Dari PPK akan didistribusikan ke tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di sembilan kecamatan,” kata David.

Menurutnya, untuk dapil 1 Teweh Tengah terdiri dari 10 dengan jumlah 168 TPS dan 36.209 pemilih. Selanjutnya, Lahei  ada13 desa dan 46 TPS dengan jumlah pemilih 10.789 orang, Lahei Barat 11 desa dengan 33 TPS dan pemilih 7.363 orang, Teweh Timur 12 desa dengan 25 TPS jumlah pemilih 4.614 orang dan Gunung Purei, terdapat 11 desa dengan 13 TPS dan  2. 009 pemilih.

“Untuk dapil III Gunung Timang, ada 16 desa dan 39 TPS serta jumlah pemilih 8.743 orang. Selanjutnya, Montallat dengan 10 desa, ada 35 TPS dan jumlah pemilih 8.648 orang,” bebernya.

BACA JUGA : Jelang Pileg dan Pilpres, Polres Barito Utara Gelar Simulasi Sispamkota

Masih menurut David, untuk  dapil IV Teweh Baru terdiri dari 10 desa dengan 66 TPS dan jumlah pemilih 13.820 orang dan Teweh Selatan terdapat 10 desa dengan 45 TPS dan jumlah pemilih 11.179 orang.

“Untuk jumlah pemilih yang terdaftar ada 103.374 orang. Di mana jumlah TPS secara keseluruhan 369 buah dan ditambah satu TPS daftar pemilih tambahan yang berada di wilayah perusahaan tambang di Desa Lemo 1 Kecamatan Teweh Tengah. Jadi, jumlah keseluruhan menjadi 470 TPS,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.