Bawaslu Colour Walk, Festival Holi ala India Ada di Jalan RE Martadinata

0

KEMERIAHAN terlihat dalam jalan santai dan olahraga keluarga pada Minggu (31/3/2019) pagi di ruas Jalan RE Martadinata, depan Kantor Bawaslu Kalimantan Selatan dan Balai Kota Banjarmasin. Ada sekitar enam ribu warga turut memeriahkan acara helatan Bawaslu Kalsel tersebut.

BERTAJUK Bawaslu Colour Walk 2019 berisi acara jalan sehat, senam zumba, donor darah, festival kuliner dan cap lima jari di atas spanduk yang disiapkan panitia. Semua itu untuk sosialisasi pemilu damai dan mengajak masyarakat turut berpartisipasi dalam pengawasan Pilpres dan Pilpres 2019.

Usai dibuka Gubernur Sahbirin Noor, Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan, Walikota Ibnu Sina dan Ketua DPRD Banjarmasin  Hj Ananda, peserta gerak jalan melintasi Jalan RE Martadinata, Jalan Lambung Mangkurat, Jalan Keramaian, Jalan Tarakan, Jalan S Parman, Jalan Suprapto, Jalan Merdeka hingga kembali ke Balai Kota Banjarmasin

BACA : Ini Catatan Bawaslu Kalsel dalam Kampanye Akbar Jokowi di Stadion 17 Mei

Pantauan jejakrekam.com, usai dilakukan pengibaran bendera sebagai simbolis peresmian, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor terlihat menghambur pewarna ke arah Walikota Ibnu Sina dan Ketua DPRD Banjarmasin Hj Ananda, sehingga membuat mereka kaget. Balasan pun langsung diberikan Ibnu Sina kepada Paman Birin, layaknya festival Holi atau warna dalam tradisi India.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyambut positif hajatan bangsa ini dengan diselenggarakannya penyuluhan pengawas pemilu dalam Bawaslu Colour Walk 2019. Apalagi, acara tersebut dipenuhi dengan kegembiraan tanpa adanya perselisihan satu sama lain, meski berbeda pilihan.

“Tetapi, terpenting masyarakat bisa berbondong ke TPS dengan memberikan hak suaranya dalam memilih calon pemimpin,” ucap Paman Birin, sapaan akrabnya.

BACA JUGA : Anak-Anak Ada di Kampanye Akbar, Bawaslu Sebut Ada Hiburan Rakyat

Sementara itu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan, antusiasme masyarakat dalam mengikuti Bawaslu Colour Walk, cukup meriah.

Ibnu Sina menambahkan, dalam kegiatan ini bisa menjadi sarana sosialisasi sekaligus pengawasan dengan suasana gembira dan inspiratif.”Sangat tepat jika Bawaslu Kalsel menggelar kegiatan ini dalam meningkatkan partisipasi pemilih,” ucapnya.

Mantan anggota DPRD Kalsel meminta ASN-nya agar menjunjung tinggi netralitas jelang Pemilu 2019 yang tinggal hitungan hari itu. Meski begitu, kata Ibnu Sina, dalam pelaksanaannya para ASN sangat diperlukan dalam menyukseskan pemilu.

Usai turut membuka, Bawaslu Colour Walk,  Walikota Ibnu Sina terlihat sedang mengais sampah yang berserakan di depan Balaikota Banjarmasin.

BACA LAGI : Diadukan TKD ke DKPP, Bawaslu Kalsel Siap Advokasi Bawaslu Banjarbaru

Sementara Ketua Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan menyebut Colour Walk ini sebagai salah satu kegiatan dalam meningkatkan partisipasi pemilih dengan melakukan sosialisasi.

“Sangat luar biasa antusiasme masyarakat. Saya rasa pengawasan akan lebih tertib, jika mereka turut terlibat dengan cara melaporkan temuan pelanggaran yang terjadi. Kemudian gunakan hak pilih pada 17 April mendatang,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.