Curah Hujan Tinggi, Beberapa Kecamatan di Balangan Terdampak Banjir

0

KEPALA BPBD Kalsel Wahyuddin menyatakan, akibat curah hujan yang cukup tinggi yang terjadi di Balangan, pada Kamis 28/3/2019), mengakibatkan lima kecamatan terdampak banjir.

DI HALONG, ada beberapa desa yang terendam, yakni Desa Baruh Panyamba, Tabuan Mantu, Buntu Pilanduk, Binju, Bangkal, Binjai Punggal, Mantuyan, dan Kapul.

Sementara, di Desa Hauwai Kecamatan Halong, beberapa rumah warga terendam banjir dengan kedalaman 50 cm dengan panjang jalan yang tergenang sekitar 150 meter, sedangkan di Desa Baruh Panyambaran ada 19 KK dengan 55 jiwa yang terdampak banjir. “Serta kondisi jembatan yang berada di Desa Puyun Kecamatan Halong mengalami tanah ambles,” ujarnya.

Kecamatan Juai terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir, antara lain Desa Juai, Lalayau, Mihu, Bata, Galumbang, Mungkur uyam, Sirap, sedangkan Desa Bata jumlah terdampak banjir di RT 01 dan RT 02 dengan 579 Jiwa. Kedalaman air yang menggenang rumah warga sekitar 50 cm dengan panjang jalan yang tergenang sekitar 500 meter.

Di Desa Lalayau, jumlah terdampak banjir 55 KK 205 jiwa dan Desa Mihu 80 KK 500 jiwa, Desa Galumbang RT 30 KK 80 jiwa, RT.02 20 KK 55 jiwa, RT 03 25 KK 60 jiwa. Jumlah terdampak 75 KK 195 jiwa. Total terdampak 403 KK 1.479 jiwa, dan untuk saat ini air masih menggenangi beberapa rumah warga yang terendam banjir.

BACA : BPBD Tetapkan Kalsel Status Siaga Bencana Hingga 30 April 2019

Di Kecamatan Lampihong terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir, antara lain Desa Trans Lapuyuam, Matang Lurus, Tanah Habang, Teluk Karya, Pimping, dan Matang Hanau. “Kondisi sementara debit air sungai yang berada di wilayah Kecamatan Lampihong mengalami penurunan 50 cm dan masih dalam kondisi normal dan aman,” katanya.

Kecamatan Awayan terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir, antara lain Desa Putat Basiun, Desa Badalungga, Desa Awayan Pasar. “Kondisi sementara debit air sungai yang berada di wilayah Kecamatan Awayan untuk saat ini situasi masih dalam keadaan aman,” bebernya.

Kecamatan Tebing Tinggi terdiri dari beberapa desa yang rawan banjir, antara lain Desa Ju’uh, Desa Sungsum, Desa Mayanau, sedangkan kondisi sementara debit air sungai yang berada di wilayah kecamatan Tebing Tinggi untuk saat ini situasi masih dalam keadaan aman.

Pria yang disapa Uyud ini mengatakan, sampai saat ini situasi di beberapa Kecamatan termasuk di Kecamatan Juai dan kecamatan Halong mengalami kenaikan debit air yang mengakibatkan beberapa rumah warga terendam banjir.

“Apabila hujan deras mengguyur pada hari ini, kemungkinan akan terjadi kenaikan dan luapan air sungai Balangan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.