TMMD Berakhir, Pangdam Minta Semua Elemen Tetap Jalin Kebersamaan

PROGRAM TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1008/Tanjung di Desa Hayup, Kecamatan Haruai, Tabalong, telah selesai yang ditandai dengan upacara penutupan TMMD di Lapangan Sepakbola Kampung Ribang, Rabu (27/3/2019).

DANDIM 1008/Tanjung Letkol Arm Edy Susanto mengatakan, selama sebulan pelaksanaan, TMMD berhasil menyelesaikan delapan sasaran fisik, 10 sasaran nonfisik, dan dua sasaran tambahan. “Alhamdulillah, semua sasaran selesai dan sesuai dengan waktu yang telah diperkirakan,” ujarnya.

Pangdam VI/Mulawarman Mayjend TNI Subiyanto melalui Staf Ahli Bidang Manajemen dan Sishaneg Kolonel Inf Abu Bakar memgapresiasi dukungan dan bantuan pemerintah dan masyarakat yang terlibat dalam pelaksanaan TMMD ke-104 di Desa Hayup. “Masyarakat Desa Hayup sudah menerima kehadiran anggota Satgas TMMD layaknya keluarga sendiri,” ujarnya.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berkerja bersama-sama membangun daerah guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi, dan sosial budaya.

TMMD, ungkapnya, merupakan wujud pengabdian TNI bersama kementerian dan lembaga negara lainnya, untuk membantu mempercepat pembangunan di daerah demi tercapainya kesejahteraan bagi rakyat.

Dengan dilaksanakanya TMMD, diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, yang landasi semangat kebersamaan dalam bergotongroyong sebagai bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat dalam mewujudkan Ketahanan nasional.

Wakil Bupati Tabalong H Mawardi mengatakan, Pemkab Tabalong sangat mengapresiasi dengan TMMD karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat. “TMMD secara tidak langsung membiasakan masyakat untuk selalu bergotongroyong dalam melakukan pekerjaan,” katanya.

Menurutnya, kerjasama yang terjalin antara TNI dan rakayat perlu menjadi contoh bagi pemerintah daerah dalam menjalankan berbagai program. Iaa berharap hubungan serta kerjasama yang selama ini telah terjalin bisa terus dilaksanakan dan dijaga.

Program TMMD ke-104 Kodim 1008/Tanjung, pembangunan yang dilaksanakan adalah pembuatan jalan sepanjang 1.840 meter dengan lebar 7 meter yang menghubungkan Desa Hayup dan Kampung Ribang 2, pengerasan badan jalan 945 meter persegi, saluran air jalan sepanjang 2.000 meter, penyiringan jalan sepanjang 175 meter, pemasangan gorong-gorong di 4 titik, renovasi tiga rumah tak layak huni, serta pembuatan jembatan beton 2,5 x 2,5 meter, perbaikan pagar tempat ibadah, dan poskamling.(jejakrekam)

Penulis Herry
Editor Andi Oktaviani