Tarif Kargo Naik, PT Azhar Jaya Utama Pilih Banting Harga

0

TARIF kargo udara naik di akhir 2018 lalu, membuat para pelanggan pun berpikir untuk mengirim barang melalui jasa penerbangan. Hal ini juga mengancam bisnis perusahaan jasa ekspedisi demi mempertahankan para pelanggan agar tetap menyuguhkan jasa kargo ini dengan harga terjangkau.

SAAT ini, rata-rata harga jasa pengiriman lewat kargo udara Jakarta-Banjarmasin dipatok di atas Rp 20 ribu per kilogram. Namun, PT Azhar Jaya Utama Express memilih tetap bertahan dengan harga bersahabat hanya Rp 14.000 per kilogram.

Ternyata strategi ini terbilang cukup mujarab. Terbukti, para pelanggan yang kebanyakan pedagang konveksi di Banjarmasin dan kota-kota lainnya, tetap setia dengan jasa yang ditawarkan PT Azhar Jaya Utama Express.

BACA : Harga Tiket dan Kargo Pesawat Naik, Angkutan Barang Via Kapal Menurun

Sebagai imbal balik, PT Azhar Jaya Utama Express pun berbagi kepada para pelanggannya di kantornya Jalan Sultam Adam Banjarmasin, Sabtu (23/3/2019). Dua televisi LED jumbo pun kini menjadi milik pelanggan setia PT Azhar Jaya Utama Express. Salah satunya, Mahedi, pemilik toko grosir pakaian wanita di Pasar Sentra Antasari Banjarmasin.

“Sejak sebulan ini, saya beralih menggunakan jasa ekspedisi yang ditawarkan PT Azhar Jaya Utama Express. Harga jasa pengiriman barang di perusahaan ekspedisi ini lebih murah dibandingkan perusahaan lainnya,” ucap Mahedi kepada awak media, usai membawa pulang hadiah dari PT Azhar Jaya Utama Express.

BACA JUGA : Jasa Kargo Penerbangan Naik, Bisnis Pengiriman Ekspres Mengalami Turbelensi

Gara-gara lonjakan tarif kargo pesawat, Mahedi mengaku sempat menurunkan volume pengiriman barang dari Jakarta ke Banjarmasin. Awalnya, Mahedi mengaku mendatangkan stok barang sebanyak 10 bal, diturunkan jadi tujuh bal, terkorting tiga bal.

“Sejak sebulan terakhir menggunakan jasa pengiriman PT Azhar Jaya Utama Express, sekarang pengiriman barang dari Jakarta kembali normal,” ucapnya bertestimoni.

Testimoni serupa juga diungkapkan Khairun Nisa. Pemilik tokoh pakaian di Jalan Veteran Banjarmasin ini mengaku senang mendapat hadiah televisi dari kliennya tersebut. Menurut dia, dengan harga yang murah di kantong, ekspedisi PT Azhar Jaya Utama juga memanjakan pelanggan dengan tepat waktu baik pengiriman maupun penerimaan barang sampai ke toko pelanggan.

“Bayangkan, untuk pengiriman barang reguler Jakarta-Banjarmasin hanya tiga hari. Itu sudah sangat luar biasa,” pujinya.

Terhitung dalam sebulan terakhir ini, Khairun Nisa sudah 24 kali menggunakan jasa pengiriman barang perusahaan tersebut, terutama untuk berbagai pakaian yang dijual dengan berat antara 70 hingga 10 kilogram.

“Kami berharap dengan harga yang murah dan tepat waktu, PT Azhar Jaya Utama bisa mempertahankan kualitas pelayanannya,” ucapnya.

BACA LAGI : Kunjungan Wisata Turun 14 Persen Imbas Tingginya Harga Tiket dan Pengenaan Biaya Bagasi Pesawat

Sementara itu,  Direktur Utama PT Azhar Jaya Utama Express, Fachrul Rozy mengungkapkan berbagi hadiah ini merupakan loyalitas program perusahaannya kepada pelanggan setia. “Ini salah satu strategi kami untuk mempertahankan pelanggan agar terus menggunakan jasa pengiriman yang kami kelola,” ucap Fahrul Rozy.

Anggota Asosiasi Perusahaan Jasa Ekspedisi Express Indonesia (Asperindo) Kalsel ini mengakui harus ada cara jitu untuk menyiasati kenaikan tarif kargo udara yang belakangan ini terjadi. “Itu menjadi rahasia masing-masing perusahaan ekspedisi. Terpenting, adalah bisa membantu para pelanggan akan distribusi barang tetap terjaga, sehingga harga jual yang dijual para pedagang tetap kompetitif,” ucapnya.

Menurut Fahrul Rozy, tak hanya melayani jasa pengiriman lewat udara, perusahaannya juga membidik pengiriman berbagai barang termasuk kendaraan bermotor lewat jalur darat dan laut. “Layanan kami tidak hanya untuk rute Jakarta-Banjarmasin, tapi hampir seluruh kota yang ada di Indonesia,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Deden
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.