Tunggu DED Rampung, Renovasi Stadion 17 Mei Dikucurkan Dana Rp 13 Miliar

0

TUNTUTAN renovasi kandang Barito Putera sudah lama disuarakan para supporter. Gayung pun bersambut, Pemprov Kalimantan Selatan telah menyiapkan rencana untuk mempermak Stadion 17 Mei Banjarmasin pada pertengahan 2019. Disiapkan dana belasan miliar untuk mengejar standar internasional.

MENERAPKAN sistem tahun jamak (multiyears) dalam anggaran renovasi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan Hermansyah didampingi Biro Humas Pemprov Kalsel pun meninjau kondisi stadion sepakbola terletak di Jalan Jafri Zamzam Banjarmasin, Jumat (22/3/2019).

“Saat ini, kontraktor sedang menyelesaikan proses detail engineering design (DED). Total anggarannya Rp 13 miliar untuk pengerjaan fisik Stadion 17 Mei dan pengadaan genset untuk daya listrik stadion Rp 3 miliar,” ucap Hermansyah kepada awak media, saat meninjau lokasi.

Hal ini, menurut Hermansyah, membuktikan jika Pemprov Kaslel peduli dengan aspirasi pencita sepakbola yang menginginkan stadion kebanggaan ini jauh lebih baik lagi daripada sekarang.

BACA : Aset Diserahkan ke Pemprov, GOR Hasanudin dan Stadion 17 Mei Siap Dipermak

Usai diserahkan pengelolaan oleh KONI Kalsel ke Pemprov Kalsel, Hermansyah menegaskan peninjauan ke lokasi untuk menentukan sektor mana yang membutuhkan renovasi terlebih dulu.

“Mengingat anggaran pemerintah provinsi yang terbatas, mungkin kita tidak bisa merenovasi total Stadion 17 Mei. Makanya, Pemprov Kalsel melakukan secara bertahap renovasi stadion ini,” ucap mantan Kepala Dinas Komunifkasi dan Informasi Kota Banjarmasin ini.

Hermansyah berharap renovasi Stadion 17 Mei Banjarmasin sesuai dengan agenda, setelah proses yang cukup berbelit dalam pengelolaan fasilitas olahraga terbesar di ibukota Kalsel ini. “Dari DED yang disusun, bisa diketahui berapa jumlah anggaran total untuk merevonasi Stadion 17 Mei ini,” ucapnya.

BACA JUGA : Penuhi Standar Internasional, Renovasi Total Stadion 17 Mei Butuh Dana Rp 25 Miliar

Guna menjaring aspirasi, Hermansyah menyebut beberapa bagian dari Stadion 17 Mei yang harus direnovasi juga melibatkan hearing dengan supporter Barito Putera, masyarakat serta pengelola stadion.

“Memang, dari aspirasi yang berkembang, bagian tribun penonton sektor yang terlebih dulu direnovasi. Yang pasti, selama renovasi tidak akan mengganggu agenda Barito Putera dalam berlaga di Liga 1 2019, baik sebagai tempat latihan maupun saat laga kandang,” ucapnya.

Dengan kapasitas Stadion 17 Mei mencapai 12 ribu penonton, Hermansyah berharap nantinya segala fasilitas yang ada di gelanggang sepakbola ini bisa meningkat. Utamanya, kapasitas penonton yang bisa menyaksikan laga Barito Putera dan lainnya bisa bertambah.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.