Sah Sudah Kantongi Surat Keputusan, Ketua KPU Kalsel Dijabat Sarmuji

0

KETUA KPU RI Arief Budiman akhirnya menyetujui pergantian pucuk pimpinan di KPU Provinsi Kalimantan Selatan. Ini tertuang dalam surat keputusan (SK) bernomor 589/SDM.13-Kpts/05/KPU/III/2019, tertanggal 8 Maret 2019 berisi penetapan Ketua KPU Kalsel periode 2019-2023.

KONSIDERAN Ketua KPU RI Arief Budiman dalam membuat keputusan berdasar keputusan KPU bernomor 588/SDM.13-Kpts/05/KPU/III/2019, tanggal 8 Maret 2019 mengenai pemberhentian Edy Ariansyah sebagai Ketua KPU Kalsel.

Termasuk, keputusan rapat pleno KPU Kalsel yang tertuang dalam berita acara bernomor 012/SDM.13-BA/63/PROV/I/2019 tentang rapat perubahan dan pembagian divisi di KPU Kalsel pada 23 Januari 2019, yang menetapkan Sarmuji sebagai ketua.

BACA :  SK Pengangkatan dan Pemberhentian Ketua KPU Kalsel Tertahan di Biro Hukum KPU RI

Salinan SK Ketua KPU RI ini juga dibuat Sekjen KPU Arif Rahman Hakim  untuk disampaikan ke Mendagri, Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN), Sekjen KPU RI, Ketua DPR RI di Jakarta serta Sekretaris KPU Provinsi Kalsel dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Banjarmasin.

Salinan SK ini telah diterima pihak Sekretariat KPU Provinsi Kalsel pada Sabtu (16/3/2019). Ini mengakhiri dualisme pimpinan KPU yang sempat membuat lembaga penyelenggara pemilu belum bisa menentukan ketua yang definitif,

BACA JUGA :  Edy Ariansyah ‘Dilengserkan’, Sarmuji Diputuskan Ketua KPU Kalsel

Sekretaris KPU Kalsel Basuki membenarkan telah menerima salinan SK Ketua KPU RI Arief Budiman mengenai pemberhentian Edy Ariansyah sebagai ketua dan digantikan Sarmuji.

“Iya benar kami di KPU Kalsel telah menerima salinan SK pemberhentian dan pengangkatan Ketua KPU Kalsel melalui WA yang dikirim dari Sekretariat KPU RI di Jakarta,” ucap Basuki saat dikonfirmasi jejakrekam.com, di Banjarmasin, Sabtu (16/3/2019).

BACA LAGI :  Belum Ada SK KPU RI, Terdapat Dua Ketua di Tubuh KPU Kalsel

Sebelumnya sempat terjadi dualisme kepemimpinan di KPU Kalsel pasca rapat pleno penggantian Ketua KPU Kalsel yang baru yakni Sarmuji menggantikan Edy Ariansyah. Belum keluarnya SK mengakibatkan  Sarmuji secara defacto dan Edy Ariansyah secara de jure Ketua KPU Kalsel.

Sayangnya, Edy Ariansyah enggan berkomentar soal itu. Begitupula, Sarmuji yang kini legalitas sebagai Ketua KPU Kalsel telah diresmikan Ketua KPU RI Arief Budiman.(jejakrekam)

 

Penulis Syahminan
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.