Jamin Keandalan Bahasa Inggris, Al Mazaya Islamic School Gandeng Cambridge

MENGASAH kemampuan siswa dan guru di Al Mazaya Islamic School guna menembus dunia internasional, sekolah unggulan ini pun menggandeng Cambridge English Language Assessment yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU).

DILIBATKANNYA Cambridge English Language Assessment guna mengukur dan memberikan hasil kepada siswa dan guru diAl Mazaya Islamic School. Ditargetkan dalam satu tahun ini, sekolah yang memadukan pendidikan Islam dan umum itu akan mengikuti ujian internasional bahasa Inggris.

“Jadi kita persiapkan satu tahun, dan setelah satu tahun sesuai dengan jadwal Cambridge English Language Assessment. Mereka yang akan memberikan tes agar mendapatkan Cambridge Sertifikat (Certified Cambridge English School),” kata Center Manager Brighton English Education Syafriansyah di sela talk show Mr Sirajuddin Tenri MED (MGMT), Directure Briton English Educational (official Partner Cambridge Assessment English) di Al Mazaya Islamic School, Sabtu (16/3/2019).

BACA :  Eka Kurniawan: “Sastra Global Mestinya Tidak Melulu Berbahasa Inggris”

Menurutnya, Cambridge Sertifikat merupakan sertifikat yang dikeluarkan Cambridge Assessment Language English dari Cambridge University yang letaknya ada di Central England, Inggris.

“Al Mazaya Islamic School sudah menjadi Cambridge Operation Centre, sehingga Al Mazaya Islamic School merupakan sekolah pertama yang mendapatkan Certified Cambridge English School di Banjarmasin, dan berhak mengikuti ujian Internasional,” tuturnya.

Bahkan, menurut Syafriansyah, Cambridge Assessment Language English tidak hanya menjamin lulusan bisa berbahasa Inggris, namun lembaga itu juga telah memberikan pembuktian melalui sertifikat international.

“Artinya banyak yang bisa berbahasa Inggris, namun tidak memiliki sertifikat international yang dikeluarkan Cambridge Assessment Language English. Kami memberikan bukti, sebab ada perbedaan yang bisa bahasa Inggris tapi tidak ada bukti sertifikat, dengan yang ada bukti sertifikat,” paparnya.

BACA JUGA : Tingkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris, ULM Gandeng Cambridge Universitiy

Menurut Syafriansyah, dengan sendirinya Al Mazaya Islamic School sudah naik peringkat ke international, karena subjek bahasa Inggris sudah terstandarisasi

Ia menjelaskan Brighton English Education merupakan Otora Center sebagai perpanjangan tangan dari Cambridge Language English Assessment yang mendukung dan membantu Almazaya Islamic School selama ini.

Sementara itu, Ketua Yayasan Swadaya Insan Cendekia H Taufik Hidayat mengungkapkan MoU itu diambil untuk melakukan penguatan bahasa Inggris di SMP Al Mazaya Islamic School dan SMK Moestro, sehingga siswa tidak sulit lagi untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

“Tidak hanya siswa, tapi guru juga diberikan metode khusus untuk mengajar dengan standar International,” ucapnya.

Taufik menyebut nantinya Cambridge Language English Assessment akan menguji anak-anak serta guru di Al Mazaya Islamic School dan SMK Moestro, sehingga kualitas bahasa Inggris yang dimiliki tak perlu diragukan lagi. “Ini kerjasama pertama kali bersama Cambridge  Language English Assessment,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin Syarwani mengakui, program di Al Mazaya Islamic School sangat mampu meningkat sumber daya manusia, dengan penguatan kemampuan berbahasa Inggris dan Arab. “Saya kira kualitas lulusan Al Mazaya Islamic School terjamin, dengan akrediatasi A, dan sangat memenuhi standar pendidikan nasional,” katanya.

Syarwani berharap anak-anak yang berada di Kalsel bisa bersekolah di Al Mazaya Islamic School, dan tak perlu jauh-jauh lagi bersekolah seperti ke Pulau Jawa. “Al Mazaya Islamic School terbukti sudah melaksanakan pembelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab setiap hari,” katanya.

Menurut dia, manfaat belajar bahasa Inggris untuk anak-anak yakni membuat anak lebih pintar dan unggul secara akademik, membuka pintu bahasa global, lulusan lebih tinggi, peluang kerja lebih banyak, bahasa diplomasi dan bahasa bisnis.(jejakrekam)

 

Penulis Afdi Achmad
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...
Kata mereka tentang jejakrekam.comhttps://www.youtube.com/watch?v=JMpxvqUGSc4&t=28s