Pengalaman di Kalsel, Diterapkan di Jawa Barat

KEPALA Biro Hubungan Masyarakat (Humas) Provinsi Jawa Barat Hermansyah Manaf, mengaku tak canggung menjalankan tugas di Bumi Parahiyangan, meski cakupan wilayah kinerjanya cukup luas, dengan 27 kabupaten dan kota, dan penduduknya hampir 48 juta jiwa.

HERMAN mengaku secara kinerja kehumasan tak berbeda jauh dibanding Kalsel. “Secara kinerja tak berbeda. Hanya saja jumlah penduduk yang besar serta kabupaten dan kota juga banyak. Ini yang membedakan,” ujarnya saat dikunjungi rombongan wartawan Kalsel di Bandung, Jumat (15/3/2019).

Dengan beda jumlah penduduk dan kabupaten kotanya, bebernya, maka tugas pelayanan kepada pimpinan juga lebih banyak, termasuk kepada insan pers di Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, terbiasanya menjalankan tugas di tempat yang baru salah satunya karena ia pernah memangku berbagai jabatan saat jadi ASN di Kalsel, termasuk sebagai kepala biro humas. Selain itu, ia langsung membentuk tim kerja di lingkungan kerjanya yang baru, sehingga lebih memudahkan tugasnya.

Disinggung jalinan kerja dengan sejumlah organisasi pers, seperti PWI, AJI, IJTI, dan lainnya di Jawa Barat, ia mengaku sangat bagus dan harmonis. “Jalinan kerjasama dengan organisasi kewartawanan di Jawa Barat sangat bagus dan erat,” kata Hermansyah.

Usai mengunjungi gubernuran Jawa Barat, Hermansyah menyiapkan Bis Tours Bandung (Badrous) berkeliling kota Bandung.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Andi Oktaviani